Bagaimana Peluang Kehamilan pada Wanita dengan PCOS?

doktersehat wanita PCOS

DokterSehat.Com – Wanita dengan kondisi PCOS atau sindrom ovarium polikistik dianggap susah mendapatkan kehamilan. Beberapa bahkan menyebutkan kalai peluang kehamilan bisa mendekati nol. Lantas, apakah wanita sudah kehilangan harapan kalau kondisi PCOS ini mengenai mereka? Jawabannya adalah tidak. Peluang kehamilan bisa terjadi walau kecil.

Wanita harus melakukan serangkaian pengobatan agar proses pembuahan bisa terjadi. Kalau sel telur pada wanita bisa tumbuh dengan baik dan pembuahan terjadi, kemungkinan terjadi kehamilan sangat besar. Oleh karena itu wanita dan pasangan disarankan untuk tetap berusaha, tapi tidak berekspektasi terlalu tinggi.

Yang terjadi saat PCOS

PCOS adalah sindrom abnormal yang terjadi pada ovarium atau indung telur. Organ ini akan mengalami peningkatan ukuran dengan masif. Peningkatan ukuran ini terjadi karena ada kista berisi air di dalam ovarium yang menyebabkan beberapa sel telur tidak bisa matang dengan sempurna mengalami gangguan.

Sel telur susah sekali keluar dari ovarium karena salurannya tersumbat. Akibatnya saat masa subur tiba, sperma tidak akan menuahi apa-apa karena sel telur tidak dihasilkan. Kalau pun sel telur dihasilkan, bentuknya tidak akan sempurna dan diselimuti lapisan yang membuat sperma susah menembusnya.

Kondisi PCOS ini bisa terjadi karena hormon androgen yang bisa menghasilkan testosteron jumlahnya besar. Padahal, hormon yang dibutuhkan untuk kehamilan adalah estrogen.

Tanda-tanda PCOS

Untuk mengetahui dengan jelas apakah wanita mengalami PCOS atau tidak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, berikut beberapa tanda-tandanya.

  • Sering mengalami menstruasi yang tidak lancar dan berubah-ubah. Kadang wanita tidak mengalami menstruasi selama satu bulan atau lebih. Dalam satu tahun mungkin menstruasi hanya berjalan selama 9 kali dengan intensitas yang cukup tinggi perdarahannya.
  • Karena tubuh mengalami kenaikan androgen, tanda-tanda kelamin sekunder pada pria juga muncul pada wanita. Salah satu tanda yang sering muncul adalah rambut tipis di area kumis.
  • Wajah akan ditumbuhi jerawat yang berlebihan. Jerawat akan susah disembuhkan meski tidak sedang masa pubertas atau memasuki masa haid.
  • Beberapa wanita mengalami kebotakan juga di kepala bagian depannya.
  • Mudah mengalami kenaikan berat badan padahal makan tidak terlalu banyak dan tidak menjalani KB hormonal. Kalau wanita sampai mengalami hal ini sebaiknya mereka waspada.
  • Susah mendapatkan kehamilan bahkan di tahun kedua setelah menikah tidak ada tanda-tanda pembuahan terjadi.
  • Pada beberapa kasus, wanita juga mengalami hepatitis tipe 2.

Cara meningkatkan peluang kehamilan pada wanita

Meski PCOS sangat  berbahaya dan menyebabkan wanita menjadi mandul, pasangan tetap bisa mengusahakan agar bisa mendapatkan keturunan. Ada beberapa yang bisa dilakukan oleh pasangan untuk melakukannya.

  1. Melakukan olahraga rutin

Lakukan olahraga secara rutin setiap harinya khususnya untuk wanita yang mengalami kenaikan berat badan cukup tinggi atau obesitas. Olahraga yang rutin akan menurunkan kadar lemak di dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Sel telur juga akan semakin berkualitas kalau kondisi tubuh mendukung. Lakukan olahraga ini minimal 3 bulan baru mengusahakan kehamilan.

  1. Menerapkan pola makan seimbang

Selain berolahraga secara rutin, menerapkan pola makan yang seimbang juga mempercepat terjadinya kehamilan.

  1. Konsultasi ke dokter

Coba lakukan konsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan beberapa obat yang bisa meningkatkan kesuburan wanita.

  1. Program bayi tabung

Kalau berbagai jalan sudah dicoba dan tidak berhasil, program bayi tabung bisa dilakukan meski dengan konsekuensi biaya yang mahal.

Semoga ulasan tentang PCOS di atas bisa memberi tambahan pengetahuan untuk Anda semuanya, khususnya yang sedang berjuang untuk program kehamilan.