Terbit: 21 November 2017
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

DokterSehat.Com– Bila seorang wanita mengandung lebih dari satu bayi, itu disebut kehamilan ganda. Dalam 20 tahun terakhir, kehamilan multipel menjadi lebih sering di Amerika Serikat. Pada tahun 2012, 1 dari setiap 30 bayi yang lahir di Amerika Serikat adalah kembar, dibandingkan dengan 1 dari setiap 53 bayi pada tahun 1980. Menurut Pusat Statistik Kesehatan Nasional, antara tahun 1980 – 2009, jumlah kelahiran kembar meningkat lebih dari 75%. Jumlah kembar tiga triplet dan lebih banyak (empat atau lebih) meningkat 400% antara tahun 1980 – 2000, namun telah menurun sekitar 30% dalam dekade terakhir.

Kehamilan Kembar – Penyebab, Cara Membuat, dan Klasifikasi

Beberapa peningkatan kehamilan multipel disebabkan lebih banyak wanita hamil yang berusia lebih dari 35 tahun; Wanita di kelompok usia ini memiliki risiko lebih tinggi mengalami kehamilan kembar. Alasan lain kenaikannya adalah semakin banyak wanita yang menjalani penatalaksanaan fertilitas untuk hamil. Perawatan ini meningkatkan risiko kehamilan multipel. Penting untuk mendiskusikan risiko kehamilan multipel, dan cara yang mungkin untuk mencegahnya, dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda memiliki penatalaksanaan fertilitas (lihat “Tatalaksana Fertilitas dan Kehamilan Multipel”).

Membuat kehamilan multipel
Beberapa kelahiran terjadi ketika lebih dari satu embrio tumbuh di rahim. Proses ini bisa terjadi secara alami, atau bisa terjadi secara artifisial selama penatalaksanaan fertilitas.

Kembar fraternal atau identik?
Jenis kehamilan multipel yang paling umum adalah kembar, dan kembar memiliki dua jenis – kembar fraternal dan identik:

  • Kembar fraternal – Sebagian besar kembar adalah kembar fraternal. Setiap kembar fraternal tumbuh dari telur dan sperma yang dibuahi terpisah. Karena setiap kembar tumbuh dari penyatuan telur yang berbeda dan sperma yang berbeda, si kembar ini mirip sebagaimana kemiripan antar saudara kandung. Si kembar bisa menjadi semua anak laki-laki, anak perempuan, atau satu laki-laki dan satu perempuan.
  • Kembar identik – Saat satu sel telur membuahi awal kehamilan dan tumbuh menjadi dua embrio, kembar identik terbentuk. Kembar identik adalah jenis kelamin yang sama dan memiliki golongan darah, warna rambut, dan warna mata yang sama. Mereka biasanya terlihat sangat mirip.
Kehamilan Kembar – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi