Terbit: 1 Oktober 2020 | Diperbarui: 2 Oktober 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Tepung maizena adalah jenis tepung yang terbuat dari jagung. Ini biasanya digunakan sebagai bahan makanan seperti kue. Selain itu, tepung ini ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Ketahui informasi selengkapnya di bawah ini!

12 Kegunaan Tepung Maizena yang Jarang Disadari (Kesehatan & Kecantikan)

Apa Itu Tepung Maizena?

Tepung maizena adalah tepung yang awalnya digunakan untuk menganji pakaian agar mengeras. Namun, akhirnya bahan yang juga disebut tepung jagung ini digunakan sebagai bahan makanan, keperluan rumah tangga, dan keperluan industri.

Tepung ini tidak memiliki nutrisi yang sama seperti jagung segar. Hal ini karena tepung telah diproses dan yang tersisa hanyalah pati. Meski begitu, tepung ini masih memiliki nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat dan Kegunaan Tepung Maizena untuk Kesehatan

Meskipun sering digunakan untuk bahan makanan, ada banyak kegunaan lainnya. Tepung ini umumnya digunakan untuk kesehatan dan kecantikan.

Berikut ini sejumlah manfaat dan kegunaan tepung maizena untuk kesehatan:

1. Mengatasi Penyakit Kaki Atlet

Kaki atlet dapat disebabkan oleh penumpukan keringat di sepatu. Kondisi ini memicu pertumbuhan jamur, yang disebut dermatofita. Ketika kaki menjadi area yang hangat dan lembap, ini merupakan lingkungan yang sempurna untuk jamur.

Sebagai solusinya, tepung jagung dapat digunakan untuk menghilangkan penyakit kaki atlet. Ini karena tepung ini dapat menyerap kelembapan dan membuat kaki tetap kering.

Jika sudah mengalami kutu air atau atlet gatal, tepung jagung dapat digunakan sebagai obat alami karena bisa membantu menjaga kulit tetap segar dan kering, sekaligus menenangkan sensasi terbakar, gatal, dan efek kasar dari kondisi ini.

2. Meningkatkan Asupan Kalori

Satu cangkir tepung jagung yang dijual di pasaran mengandung 488 kalori, dengan sedikit atau tanpa mengandung serat, protein, lemak, atau vitamin. Karena kekurangan nutrisi ini, manfaat tepung maizena bagi kesehatan menjadi terbatas.

Jika Anda mengalami kekurangan berat badan atau seorang pelatih kebugaran yang ingin menambah berat badan dengan cepat, tepung jagung dapat membantu meningkatkan asupan kalori.

Tepung ini bermanfaat bagi mereka yang mengikuti program diet tinggi karbohidrat, termasuk atlet karena jenis diet ini memberikan kalori lebih yang dibutuhkan untuk pelatihan. Tepung dari jagung ini menjadi karbohidrat dan padat kalori yang juga bermanfaat bagi pembangun tubuh.

3. Meningkatkan Energi dengan Cepat

Jika membutuhkan energi yang ingin segera digunakan untuk beraktivitas, mengonsumsi makanan yang terbuat dari tepung ini dapat membantu dengan cepat.

Sistem pencernaan pada dasarnya memecah karbohidrat menjadi glukosa, yang digunakan tubuh sebagai energi. Tanpa serat, lemak, atau protein untuk memperlambat proses ini, tepung dari jagung dapat memberi tubuh energi lebih cepat daripada karbohidrat gandum.

4. Bagus untuk Penderita Penyakit Celiac

Kegunaan tepung maizena adalah bebas gluten. Oleh karena itu, tepung ini dapat berfungsi sebagai pengganti tepung terigu bagi mereka yang menderita penyakit celiac atau bentuk lain dari intoleransi gluten.

Selain itu, tepung oat juga bebas gluten, tetapi merupakan pilihan yang lebih bergizi. Satu cangkir tepung oat memiliki lebih banyak serat, protein, kalium, fosfor dan magnesium daripada tepung jagung.

5. Mengatasi Sindrom Dumping

Bagi penderita sindrom dumping, makanan dapat bergerak dengan cepat dari lambung mencapai ke usus dua belas jari. Hal ini menyebabkan masuknya air secara ekstrem ke dalam usus yang menyebabkan diare osmotik, perut sakit dan kram, volume darah rendah, dan gula darah rendah.

Ketika seseorang diberi makan melalui gastrostomi (selang untuk orang yang kesulitan menelan), tepung jagung mentah dapat membantu memperlambat pengosongan isi perut dengan cepat.

Tepung jagung sebagai karbohidrat kompleks yang berfungsi sebagai sumber energi yang tahan lama dan memperlambat glukosa. Ini meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh untuk menghilangkan rasa lelah, meredakan gejala lain, dan meningkatkan berat badan secara signifikan pada anak-anak.

6. Mengatasi Gigitan Serangga

Gigitan serangga dapat menjadi lebih serius dan gatal jika terkena kelembapan, minyak, dan bakteri. Sebaiknya jaga agar gigitan tetap bersih dan kering serta mengurangi rasa gatal dengan mengoleskan pasta yang terbuat dari tepung jagung.

Cara membuatnya cukup mencampurkan tiga sendok makan tepung jagung dengan air dingin dan aduk sampai menjadi pasta yang sangat kental. Oleskan ke kulit menggunakan kain kasa atau bola kapas ke area kulit yang terkena.

Baca Juga: 9 Manfaat Jagung bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Atasi Sembelit?

7. Mengatasi Ruam Popok

Fungsi tepung maizena juga bisa digunakan untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Tepung ini dapat dimakan dan lembam, sehingga lebih aman daripada bedak talk dan krim popok, sehingga dapat digunakan berulang kali tanpa rasa khawatir.

Setiap kali Bunda mengganti popok, gunakan spon bedak bayi untuk membersihkan area ruam dengan tepung jagung.

8. Menenangkan Kulit yang Terbakar Matahari

Tepung jagung juga bisa sangat bermanfaat untuk kulit terbakar akibat terlalu lama berjemur atau beraktivitas di bawah terik sinar matahari.

Sama seperti pengobatan untuk gigitan serangga, campurkan tepung jagung dengan air dan aduk sampai menjadi pasta yang kental. Oleskan pasta ini pada kulit yang terbakar, biarkan mengering, kemudian bersihkan dengan air hangat.

9. Mengobati Ruam Ketiak

Fungsi tepung maizena adalah obat yang sangat membantu mengobati ruam ketiak. Pati dari jagung ini bisa meredakan ruam dan iritasi pada ketiak.

Sebelum menaburkan sedikit tepung ini secara langsung pada ketiak, bersihkan dan keringkan area ketiak terlebih dahulu. Ini juga bisa digunakan untuk ruam panas pada payudara, yang membantu menjaga kulit tetap kering dan mencegah pertumbuhan jamur.

10. Mengatasi Lepuh dan Luka

Lepuh dan luka sering kali mengeluarkan sedikit cairan, yang dapat memicu perkembangan menarik bakteri dan menyebabkan infeksi. Kondisi tersebut dapat diatasi menggunakan tepung jagung. Caranya hanya dengan mengoleskan sedikit tepung pada pada luka agar tetap kering dan bersih.

11. Merawat Rambut Berminyak

Menggunakan tepung maizena sebagai sampo kering dapat menghilangkan rambut berminyak. Cara ini bekerja dengan menyerap minyak berlebih yang membuat rambut berminyak.

Tepung ini bisa dicampurkan dengan minyak lavender dan minyak peppermint agar gaya rambut bertahan lebih lama atau hanya untuk sensasi menyegarkan.

Tepung jagung paling cocok digunakan untuk orang dengan rambut terang. Jadi, jika memiliki rambut gelap, coba gunakan bubuk kayu manis atau kakao sebagai gantinya.

12. Mencegah Jerawat

Mengingat fungsi tepung maizena dapat menyerap dan menghilangkan minyak berlebih pada kulit, sehingga cocok mengurangi minyak yang menyumbat pori-pori dan sekaligus mengusir jerawat.

Tepung ini juga menenangkan kulit rawan jerawat yang merah dan nyeri. Jika tubuh berjerawat, taburkan tepung ke seluruh tubuh. Cara ini akan membersihkan atau mengurangi jerawat, baik itu di punggung, dada, atau di bagian tubuh lainnya.

Baca Juga: 11 Jenis Tepung yang Sehat bagi Tubuh

Efek Samping Tepung Maizena

Meskipun manfaat tepung maizena untuk kesehatan dan kecantikan, tepung ini terkait dengan beberapa efek samping berikut ini.

  • Meningkatkan kadar gula darah.
  • Mengganggu kesehatan jantung.
  • Risiko kekurangan nutrisi penting.

_

Itu dia manfaat tepung maizena untuk kesehatan dan kecantikan. Jika ingin menggunakan tepung ini untuk kesehatan atau kecantikan, langkah yang terbaik adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang kondisi kesehatan, alergi, dan efek sampingnya.

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. The Most Surprising Benefits Of Cornstarch. https://healthcautions.com/the-most-surprising-benefits-of-cornstarch/. (Diakses pada 1 Oktober 2020)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. Cornstarch uses and benefits. https://www.healthbenefitstimes.com/cornstarch/. (Diakses pada 1 Oktober 2020)
  3. Anonim. Tanpa Tahun. 10 Amazing Uses for Cornstarch. https://www.doctoroz.com/gallery/10-amazing-uses-cornstarch. (Diakses pada 1 Oktober 2020)
  4. Anonim. Tanpa Tahun. 17 Exciting Beauty Benefits of Cornstarch. https://beautymunsta.com/16-beauty-benefits-of-cornstarch/. (Diakses pada 1 Oktober 2020)
  5. Ruggeri, Christine. 2018. Is Cornstarch Gluten-Free? And Other Common Questions About Cornstarch. https://draxe.com/nutrition/is-cornstarch-gluten-free/. (Diakses pada 1 Oktober 2020)
  6. Slapik, Magdalena. 2019. What Are the Health Benefits of Cornstarch?. https://www.livestrong.com/article/479831-what-are-the-health-benefits-of-cornstarch/. (Diakses pada 1 Oktober 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi