Terbit: 1 Maret 2018 | Diperbarui: 20 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Obesitas atau kegemukan memang meningkatkan risiko berbagai penyakit pada wanita. Pertama, wanita gemuk berisiko mengalami  penurunan kesuburan sehingga kehamilan akan sulit terjadi.

Wanita Kegemukan Lebih Berisiko Terkena Kanker Payudara, Benarkah?

Kedua,  wanita yang obesitas cenderung kurang aktif bergerak dan berisiko terkena diabetes menjadi lebih tinggi. Ketiga, wanita yang mengalami kegemukan berisiko terkena kanker payudara.

Risiko Kanker Payudara pada Wanita Obesitas
Kanker payudara sebenarnya bisa dideteksi sejak dini dengan cara memeriksa benjolan pada bagian dada. Kalau ada benjolan, Anda bisa segera memeriksakan diri dan mendapatkan perawatan yang benar.

Selain meraba bagian dada, cara terbaik untuk mengetahui ada atau tidaknya kanker adalah dengan skrining mamografi. Pada wanita yang memiliki berat badan normal atau kadar lemak rendah, proses skrining mamografi akan berjalan dengan lancar.

Nah, ada atau tidaknya kanker payudara bisa langsung terlihat dengan jelas. Namun, pada wanita yang mengalami obesitas, kanker payudara susah dideteksi dengan teknik tersebut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Biasanya wanita yang kegemukan langsung diketahui memiliki kanker payudara saat ukuran dari benjolan berupa daging tumbuh ini makin membesar atau stadiumnya mendekati lanjut.

Bila sudah pada kondisi tersebut, kanker bisa saja menyebar ke beberapa organ di dada dan menyebabkan wanita alami gangguan kesehatan kronis.

Turunkan Berat Badan, Cara Ketahui Risiko Kanker Payudara 

Cara terbaik untuk mengetahui ada atau tidaknya bibit kanker payudara adalah dengan menurunkan berat badan. Setelah badan mendekati ideal atau normal,  pemeriksaan mamografi bisa dilakukan dengan mudah. Bila ada masalah pada payudara, bisa segera diatasi.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Denmark menemukan sebuah data yang menyebutkan, wanita yang mengalami kegemukan lebih rentan meninggal karena menderita kanker payudara. Hal ini terjadi karena sulitnya mendeteksi dini kanker payudara pada wanita yang obesitas. Kanker akan diketahui bila ukurannya sudah besar, ganas, dan menyebar ke mana-mana.

Karena itu, yuk jaga berat badan ideal dan atasi obesitas agar terhindar dari risiko kanker payudara!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi