Kedelai, Camilan Sehat bagi Penderita Diabetes

kedelai-doktersehat
Photo Source: Flickr/unitedsoybean

DokterSehat.Com– Penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan demi mencegah kenaikan kadar gula darah di dalam tubuhnya. Selain itu, mereka juga sebaiknya harus berhati-hati dalam memilih camilan. Beruntung, pakar kesehatan menyebut ada camilan yang cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Camilan ini adalah kedelai.

Kandungan sehat di dalam kedelai

Sebagaimana kacang-kacangan pada umumnya, kedelai kaya akan kandungan yang menyehatkan bagi tubuh. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi 100 gram kedelai, maka kita sudah mendapatkan sekitar 30 gram protein. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga cukup tinggi. Jika kita mengonsumsi 100 gram kedelai, kita sudah bisa mendapatkan 2,9 gram serat.

Kedelai juga tinggi kandungan isoflavon, sejenis antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan paparan buruk radikal bebas yang bisa didapatkan dari polusi udara, rokok, bahan kimia yang berasal dari makanan yang kita konsumsi, dan lain-lain. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin B1, B2, K, fosfor, zat besi, asam folat, dan lain-lain.

Manfaat kedelai bagi penderita diabetes

Kandungan nutrisi kedelai yang tinggi bisa membantu menyehatkan tubuh penderita diabetes. Selain itu, indeks glikemiknya yang rendah membuat penderita diabetes tidak perlu khawatir akan mengalami kenaikan kadar gula darah dengan cepat setelah mengonsumsinya. Justru, mereka bisa tetap menjaga kadar gula darah tetap seimbang sekaligus menjaga kondisi perut agar tidak mudah lapar atau tertarik mengonsumsi camilan yang tidak sehat.

Selain nilai indeks glikemiknya yang cenderung rendah, kacang kedelai juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini akan membuat sistem pencernaan dan organ kardiovaskular terjaga kesehatannya.

Kedelai bisa mencegah komplikasi diabetes

Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Evidence Based Complementary and Alternative Medical Journal pada 2010 silam menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi kedelai bisa membantu penderita diabetes memperbaiki kondisi ginjal sekaligus mencegah datangnya masalah nefropati atau gangguan ginjal.

Penelitian lain yang dilakukan di University of Illinois, Amerika Serikat juga menghasilkan fakta bahwa kebiasaan makan kedelai bisa membantu mencegah datangnya komplikasi yang paling banyak menyerang penderita diabetes, yakni penyakit jantung dan penyakit ginjal. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kandungan kedelai dalam menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan mencegah penumpukan plak di dalam pembuluh darah.

Penderita diabetes diperbolehkan mengonsumsi kacang kedelai, susu kedelai, hingga camilan yang terbuat dari kedelai. Hanya saja, pastikan bahwa produk olahan kedelai ini tidak memiliki tambahan gula demi mendapatkan manfaat sehatnya dengan maksimal.

Manfaat lain dari kedelai

Selain baik bagi penderita diabetes, pakar kesehatan menyebut kedelai bisa memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya jika dikonsumsi secara rutin.

Berikut adalah manfaat-manfaat lainnya dari kedelai.

  1. Bisa dijadikan pengganti susu sapi

Bagi mereka yang mengalami masalah intoleransi laktosa atau alergi pada susu sapi, susu kedelai bisa dijadikan sebagai susu pengganti. Selain rasanya yang tak kalah nikmat, susu kedelai juga tinggi nutrisi sehingga bisa memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

  1. Menurunkan tekanan darah

Kedelai tinggi kandungan asam lemak yang bisa membantu kelancaran sirkulasi darah. Kandungan kalium di dalamnya juga bisa mengatasi kelebihan natrium di dalam tubuh yang mempengaruhi tekanan darah. Rutin makan kedelai bisa membantu mencegah datangnya hipertensi.

  1. Baik bagi kesehatan tulang dan persendian

Kedelai tinggi kandungan kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium yang baik bagi kesehatan dan kekuatan tulang. Kandungan isoflavon di dalamnya juga bisa mencegah peradangan pada sendi-sendi tubuh.