Terbongkar, Inilah 4 Jenis Kecerdasan Manusia Selain IQ

DokterSehat.Com– Dalam mengukur kecerdasan seseorang, biasanya kita akan menggunakan tolak ukur IQ (Intelligence Quotient). Istilah yang satu ini umum digunakan untuk menjelaskan bagaimana sifat serta pikiran seseorang yang mencakup hal kemampuan berpikir. Selain itu, IQ juga sering digunakan sebagai tolak ukur dalam menilai bagaimana seseorang bisa memecahkan sebuah masalah yang sedang dialaminya.

Sampai saat ini, setiap IQ masih menjadi patokan utama dalam mengetahui seberapa pintar seseorang. Hal itu juga dibuktikan dari beberapa instansi yang menganjurkan setiap pekerjanya untuk tes IQ terlebih dahulu sebelum bisa bekerja.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata setiap orang tak hanya memiliki kecerdasan yang berlandaskan IQ saja. Pasalnya, masih ada beberapa kecerdasan lain yang patut Anda ketahui. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa kecerdasan yang dimiliki oleh manusia.

1. Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan yang satu ini lebih tertuju pada bagaimana seseorang bisa berbicara dan berbahasa. Biasanya, orang yang memiliki kecerdasan linguistik akan pandai berkata-kata sehingga mampu meyakinkan orang lain hanya dengan ucapannya saja. Orang-orang yang memiliki kecerdasan linguistik umumnya akan bekerja sebagai jurnalis, penyiar, pembaca acara, serta profesi yang berhubungan dengan bahasa.

2. Kecerdasan Interpersonal

Untuk kecerdasan yang satu ini lebih menjurus pada urusan perasaan dan karakter. Orang dengan kecerdasan interpersonal akan lebih peka dan mampu merasakan apa yang orang lain sedang rasakan. Misalnya, ketika orang lain sedang sedih, maka dia akan mengetahui secara jelas apa kesedihan apa yang dialami. Kemudian, kecerdasan ini juga memiliki kemampuan dalam memotivasi diri serta orang lain.

3. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal lebih sering dikaitkan dengan urusan seni. Sebab, orang-orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya mampu menilai, mengembangkan, serta menciptakan karya yang berhubungan dengan seni musik. Umumnya, orang yang memiliki kecerdasan musikal akan sering bersiul atau menghentakkan kakinya ke lantai ketika sedang mendengar musik.

4. Kecerdasan Kinetik

Kecerdasan kinetik adalah salah satu jenis kecerdasan yang berhubungan langsung dengan bahasa tubuh atau gerak gerik. Umumnya, orang-orang dengan kecerdasan kinetik akan suka segala aktivitas yang menyangkut dengan urusan fisik, misalnya olahraga, berpetualang, dan hal-hal yang menguras tenaga lainnya.