4 Unsur Kebugaran Jasmani Beserta Latihannya

latihan-kebugaran-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Bicara mengenai kebugaran jasmani, tentunya tak luput dari peranan serta akitivitas yang kita lakukan sehari-hari. Pasalnya, semakin banyak tubuh bergerak, maka semakin baik pula kebugaran yang didapatkan. Oleh karenanya, sangat disayangkan jika kita hanya berdiam diri di rumah saja tanpa melakukan aktivitas yang berarti bagi kebugaran tubuh.

Pasalnya, kebugaran jasmani memiliki sekup yang cukup luas. Ada berbagai macam jenis dan unsur kebugaran yang harus kita miliki agar aktivitas menjadi lancar tanpa hambatan. Sebab, jika satu unsur saja tidak terpenuhi, maka kita kebugaran belum dianggap sempurna sepenuhnya.

Lantas, apa saja unsur kebugaran jasmani tersebut? Simak informasinya berikut ini.

1. Kekuatan

Unsur kebugaran jasmani yang pertama adalah kekuatan. Ya, setiap orang pasti memiliki kekuatan yang berbeda-beda, tergantung dari jenis aktivitas yang dilakukan setiap hari. Semakin berat aktivitas yang dilakukan, biasanya akan berpengaruh lebih pada kekuatan. Sehingga orang yang aktif bergerak akan memiliki kekuatan lebih, bila dibandingkan dengan orang yang jarang bergerak. Karena kekuatan ini tidak luput dari urusan otot, maka kita bisa mendapatkannya dengan latihan beban menggunakan barbell atau dumbbell.

2. Daya Tahan

Jika dijelaskan secara sederhana, daya tahan merupakan sebuah kemampuan seseorang dalam menggunakan organ tubuhnya secara maksimal. Adapun organ tubuh tersebut mulai dari jantung, paru-paru, lambung, dan sebagainya. Semakin baik daya tahan yang dimiliki, maka semakin tinggi pula tingkat kebugaran jasmaninya. Adapun jenis latihan yang bisa membuat daya tahan meningkat adalah lari.

3. Kecepatan

Selanjutnya adalah urusan kecepatan. Unsur yang satu ini memang sering dihubungkan dengan berat badan serta bentuk tubuh. Oleh karenanya, orang yang bertubuh mungil biasanya lebih cepat dan lincah daripada orang yang bertubuh gemuk. Dengan kecepatan yang baik, maka kebugaran jasmani pun akan baik pula. Ada berbagai jenis latihan yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan unsur ini, salah satunya adalah loncat.

4. Keseimbangan

Terakhir adalah unsur keseimbangan. Ya, unsur ini sangat penting bagi siapapun. Sebab, dengan keseimbangan yang stabil maka kita tidak akan mudah terjatuh. Sebab, banyak orang yang keseimbangan tubuhnya kacau, sehingga membuat mereka mudah jatuh, walau hanya berjalan pelan sekalipun. Untuk itu, kita bisa mendapatkan keseimbangan dengan latihan berjalan pada permukaan yang licin ataupun sempit.