Sepele, 5 Kebisaan Makan Ini Bisa Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

doktersehat-makanan-diet
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Bagaimana cara Anda menurunkan berat badan Anda biasanya? Secara umum, cara menurunkan berat badan yang paling ampuh adalah dengan melakukan dua hal vital yang beriringan, yaitu pengaturan pola makan dan olahraga, ya.

Dua hal ini memang harus dilakukan bersamaan, akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa mengurangi berat badan tanpa olahraga?

Ya, ternyata ada beberapa kebiasaan makan yang mampu mendukung berkuranagnya berat badan, meskipun tidak semaksimal jika keduanya dilakukan beriiringan, namun beberapa kebiasaan makan tersebut bisa dilakukan sebagai kebiasaan pendukung atau langkah awal dalam penurunan berat badan.

Lantas, apa saja sih kebiasaan makan yang bisa membantu menurunkan berat badan tanpa melakukan olahraga?

doktersehat-mind-dietKebiasaan makan yang bisa membantu menurunkan berat badan tanpa olahraga, dilakukan dengan cara mengurangi asupan makan dan meningkatkan kualitas saat makan.

Dua hal ini tentu akan mendukung optimalisasi pengaturan makan untuk menurunakan berat badan. Beberapa kebiasaan tersebut adalah:

1. Menggunakan piring makan dalam ukuran kecil

Hindari mengonsumsi makanan pada piring yang ukurannya besar, mengapa?

Piring yang lebih besar akan membuat Anda ingin mengisi semua bagian piring saat makan, hal ini tentu akan membuat porsi makan menjadi lebih besar. Meksipun terkesan sepele, namun hal ini sangat berpengaruh pada pengaturan porsi makan.

Pilihlah piring dalam ukuran yang lebih kecil agar Anda bisa mengurangi porsi makan Anda dengan lebih mudah.

Beberapa studi dan asosisasi kesehatan juga menganjurkan hal ini karena penggunaan piring yang lebih kecil, tidak hanya mampu mendukung diet namun juga efektif dalam hal pengurangan risiko pembuangan sisa makanan atau food wasting.

2. Mengunyah makanan secara perlahan-lahan

doktersehat-pola-makan-cegah-kanker-kulitCoba perhatikan seberapa lama atau berapa kali Anda mengunyah makan biasanya? Umumnya mengunyah makannya dianjurkan lebih dari 30 kali dalam satu kali suapan.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena makanan yang dikunyah dengan baik akan mempercepat proses penyerapan zat gizi makanan, hal ini kemudian akan membuat tubuh bisa dengan lebih cepat dan tepat memberikan sinyal rasa kenyang dalam tubuh.

Jika Anda mengunyah makan secara terburu-buru, tubuh masih butuh waktu untuk mencerna dan sinyal kenyang yang diberikan dalam tubuh menjadi lebih lambat sehingga Anda akan makan lebih banyak.

3. Mengonsumsi air putih dan serat lebih sering

Dua hal ini bisa sangat membantu Anda dalam mengontrol nafsu makan dengan lebih baik. Asupan air putih yang cukup mampu membuat volume lambung terisi sehingga menekan nafsu makan.

Sedangkan serat, yang diperoleh dari sayur, buah, dan kacang-kacangan sudah terkenal dengan manfaatnya dalam meningkatkan rasa kenyang karena fungsinya dalam mengatur waktu transit makanan

4. Pilih protein hewani rendah lemak

Utamakan selalu memilih makanan protein hewani dalam setiap kali waktu makan utama, mengapa?

Makanan protein hewani akan memberikan manfaat dalam memberikan asupan energi dan rasa kenyang yang tetap baik dalam mendukung proses perbaikan sel dalam tubuh.

Protein hewani rendah lemak dapat Anda peroleh dengan memilih daging merah yang rendah lemak, ditunjukkan dengan sedikitnya serat garis putih saat masih mentah atau daging unggas tanpa kulit.

5. Tidak makan sambil melakukan kegiatan lain

Cara jitu terakhir adalah dengan fokus saat Anda sedang makan. Hindari makan sambil melakukan hal lain, misalnya bermain komputer, membaca, atau menonton televisi.

Hal ini akan membuat Anda mampu mengontrol porsi dan mengunyah makanan dengan baik karena fokus makan tidak terpecah.