Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bayangkan Anda memiliki jadwal wawancara kerja dengan tenggat waktu untuk sampai di kantor tujuan, tetapi Anda mulai merasa lelah tanpa alasan. Sudah mencoba menambah dosis kopi agar badan Anda kembali segar, namun nyatanya masih tidak cukup. Akhirnya, Anda gagal menghadiri wawancara di tempat kerja idaman!

10 Kebiasaan Harian Ini Tingkatkan Energi Secara Alami

Jika Anda merasa seperti berada dalam situasi yang sama seperti yang disebutkan di atas, baik itu di tempat kerja, sekolah, atau dalam kehidupan sehari-hari, maka jelas bahwa Anda mengalami kelelahan dan keletihan.

Setiap individu harus produktif setiap hari dan mengambil tanggung jawab tertentu. Baik itu seorang profesional pekerja, seorang siswa atau seorang ibu rumah tangga. Kita semua memiliki tugas dan kewajiban untuk bekerja setiap hari.

Kita tentu membutuhkan tenaga untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Energi dapat didefinisikan sebagai kekuatan dan vitalitas yang diperlukan untuk mempertahankan aktivitas fisik dan mental.

Tanpa cukup energi yang diproduksi di dalam tubuh Anda, mustahil bisa melakukan aktivitas apa pun atau bahkan berpikir jernih, karena semua organ memerlukan energi untuk berfungsi.

Energi dapat diperoleh dari makanan yang kita konsumsi dan juga dari aktivitas fisik yang kita lakukan.

Lelah sepanjang waktu dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda dengan cara yang besar, karena dapat menghentikan kegiatan tertentu secara efektif.

Jadi, menjadi energik sangat penting jika Anda ingin menjalani hidup yang sehat dan produktif.

Alasan tertentu mengapa energi Anda menurun, yakni sindrom kelelahan kronis, gejala sebagian besar penyakit, fluktuasi tekanan darah, obesitas, ketidakseimbangan hormon, dan depresi. Ada kebiasaan sehari-hari tertentu yang dapat meningkatkan energi Anda secara alami, sehingga Anda tidak perlu meneguk minuman energi yang tidak sehat.

Ada 10 kebiasaan sehari-hari yang dapat meningkatkan energi Anda, seperti dilansir dari Boldsky, berikut ini:

doktersehat-minum-air-botol

1. Minum cukup air

Ketika Anda tetap terhidrasi dengan mengonsumsi cukup air dan cairan yang sehat, sel-sel Anda akan tetap diremajakan dan otak Anda akan menerima lebih banyak oksigen, sehingga Anda tetap energik.

2. Istirahat saat dibutuhkan

Terlalu lama bekerja, ini hanya akan menguras tingkat energi Anda. Berhentilah sejenak dan beristirahat, pasti dapat menyegarkan dan meningkatkan energi Anda.

doktersehat-olahraga-senam

3. Rutin olahraga setiap hari

Temukan jenis olahraga yang menarik perhatian Anda seperti angkat beban, zumba, menari, joging, dan olagraga jenis lainnya. Endorfin yang dilepaskan di otak Anda setelah berolahraga juga dapat meningkatkan energi secara alami.

doktersehat-diet-apel-roti-gandum-salad

4. Pertahankan diet seimbang

Diet Anda memainkan peran penting dalam meningkatkan energi secara alami. Jika Anda mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan semua nutrisi penting seperti vitamin, protein, mineral, dan vitamin lainnya, Anda akan memiliki tingkat energi yang lebih besar.

Photo Credit : www.pixabay.com

5. Hindari duduk terlalu lama

Jika Anda memiliki pekerjaan yang terikat dengan meja atau gaya hidup yang tidak banyak bergerak, pastikan bahwa Anda sering beristirahat dan berjalan-jalan. Ini juga dapat meningkatkan aliran oksigen ke otak dan membuat Anda tetap energik.

Photo Credit : www.freepik.com

6. Berpikir positif

Studi telah menemukan bahwa menjadi pesimis dalam hidup dapat menghabiskan energi Anda tanpa alasan apapun! Jadi, menjadi positif dan berlatih meditasi pasti dapat membantu meningkatkan energi Anda.

tips-liburan-pantai-doktersehat

Photo Credit: www.pexels.com

7. Luangkan waktu di alam

Habiskan waktu di alam, seperti di kawasan perbukitan dengan melakukan pendakian, atau berjalan-jalan di sepanjang pantai. Sempatkanlah waktu untuk menghirup udara segar seperti di taman terdekat. Kegiatan ini dapat menyegarkan pikiran dan membuat Anda merasa lebih energik.

minum-kopi-doktersehat

Photo Credit : pexels.com

8. Kontrol konsumsi kafein

Banyak orang berpikir bahwa mengonsumsi banyak kopi dapat membuat Anda energik. Ternyata, sebuah penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak kafein dapat memperburuk sel-sel otak dan menurunkan energi Anda. Jadi, minum lebih sedikit kopi dapat meningkatkan tingkat energi Anda.

doktersehat-rokok

9. Berhenti merokok dan minuman beralkohol

Merokok dan menenggak minuman beralkohol berlebihan juga dapat merusak sel-sel dan mengurangi aliran darah beroksigen ke otak. Jadi, mengurangi kebiasaan merokok dan minum juga dapat membantu meningkatkan energi.

mencuci-buah-dan sayur-doktersehat

Photo Credit: Health And Love Page

10. Konsumsi buah dan sayuran segar

Mengonsumsi buah-buahan segar dan minuman sayuran, tanpa tambahan gula. Sudah kita ketahui, minuman buah dan sayuran mengandung antioksidan dan vitamin yang dapat meningkatkan energi Anda secara alami.

Ayo tingkatkanlah energi Anda dengan 10 kebiasaan sehat ini, Teman Sehat. Selamat Mencoba!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi