Terbit: 20 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu cara agar hidup sehat adalah dengan cara menjaga segala sesuatu tetap higienis, mulai dari perabotan rumah, seluruh bagian tubuh, lingkungan, dan lain sebagainya. Namun, cara yang dianggap higienis tersebut ternyata salah karena tidak menjamin bisa membuat Anda sehat. Bahkan, bisa mengundang masalah bagi kesehatan Anda.

3 Kebiasaan yang Dianggap Higienis, Justru Menyebabkan Masalah Kesehatan

Berikut ini adalah kebiasaan yang biasa Anda lakukan karena dianggap higienis, tapi ternyata justru tidak mampu menjaga daya tahan tubuh sehingga menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh Anda, diantaranya:

1. Menggunakan Pengering Tangan

Ketika Anda sedang makan di restoran atau sedang berada di toilet umum di sebuah gedung, Anda pasti akan menjumpai mesin pengering tangan. Mesin tersebut berfungsi untuk mengeringkan tangan setelah Anda buang air atau setelah cuci tangan dengan praktis. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa mesin pengering bisa menjadi sarang bakteri. Sebab, pada saat penggunaanya, udara yang keluar dari dalam mesin tersebut mampu menarik bakteri dan kuman yang menempel di dinding. Bakteri dan kuman tersebut bisa membuat Anda mengalami masalah kesehatan, seperti diare, masalah pencernaan, dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itu, akan jauh lebih baik jika Anda mengeringkan tangan dengan menggunakan tisu kering atau kain daripada mesin pengering.

2. Mencuci Tangan dengan Air Panas

Banyak yang menganggap bahwa air panas bisa membunuh kuman dan virus yang berbahaya bagi kesehatan. Sehingga, tak sedikit orang yang memilih untuk mencuci segala sesuatu, termasuk tangan dengan menggunakan air panas. Cara tersebut memang ampuh, namun Anda perlu berhati-hati sebab mencuci tangan dengan air panas bisa membunuh semua bakteri yang ada di tangan, salah satunya adalah bakteri baik. Jika bakteri baik ikut mati, maka dapat mengurangi fungsi pelindung kulit dari iritasi dan penyakit lainnya.

3. Rendam Piring di Wastafel

Hampir semua orang, khusunya ibu rumah tangga melakukan kebiasaan ini. Terkadang, ketika masih malas untuk mencuci piring, mereka lebih memilih untuk merendamnya terlebih dahulu sebelum dicuci. Merendam piring juga dianggap bisa membunuh bakteri dan menghilangkan noda yang sulit hilang. Padahal, wastafel merupakan tempat terbaik bagi kuman dan bakteri jahat untuk berkembang biak. Sehingga, anggapan Anda tentang merendam piring di wastafel bisa dibilang salah. Sekedar informasi, bahwa bakteri yang terdapat di wastafel bisa pindah ke piring yang biasa Anda gunakan setiap hari. Bakteri tersebut juga bisa mengakibatkan masalah pada pencernaan Anda.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi