4 Kebiasaan tidak Sehat yang Bisa Merusak Penglihatan

mengembalikan-mata-sehat-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Mata merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mata, kita dapat melihat segala sesuatu yang ada di hadapan kita. Untuk itu, kita harus selalu menjaga dan merawat kesehatan mata agar terhindar dari berbagai masalah penglihatan.

Sayangnya, ada beberapa kebiasaan tidak sehat yang sering kita lakukan dan ternyata bisa berpengaruh pada penglihatan, bahkan bisa mengurangi fungsi mata untuk melihat. Apa saja itu? Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat mengurangi daya penglihatan:

1. Stres

Hampir semua orang pernah mengalami stres, baik disebabkan oleh pekerjaan atau karena hal lain. Stres tidak hanya berdapak pada fisik saja, tapi stres juga bisa memengaruhi penglihatan. Hal ini terjadi karena hormon stres kortisol ternyata dapat merusak fungsi retina. Sehingga, menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai pusat serous chorio-retinopathy atau penumpukan cairan yang menyebabkan pandangan kabur.

2. Melihat Layar Terlalu Dekat

Seringkali, Anda memiliki kebiasaan memainkan ponsel sebelum tidur. Padahal, kebiasaan tersebut sangat berbahaya bagi penglihatan Anda. Pasalnya, cahaya biru yang berasal dari ponsel, komputer, maupun televisi, mungkin berhubungan dengan degenerasi macula, yakni penurunan penglihatan sentral. Selain itu, kebiasaan tersebut bisa menyebabkan sindrom visi komputer karena tidak berkedip sepenuhnya saat  menatap layar. Sindrom tersebut bisa mengakibatkan mata Anda nyeri, kering, dan kelelahan.

3. Membaca Buku Terlalu Dekat

Selain memainkan ponsel, Anda juga mungkin sering membaca buku sebelum tidur. Biasanya, Anda membaca buku tersebut sambil berbaring di atas tempat tidur. Membaca buku dengan posisi berbaring secara tidak langsung membuat jarak antara mata dan buku menjadi dekat. Sebaiknya, Anda menghentikan kebiasaan tersebut karena bisa merusak penglihatan Anda. Membaca buku terlalu dekat bisa menyebabkan miopi, karena bola mata Anda memanjang.

4. Kurang Konsumsi Sayuran Hijau

Anda pasti tahu, bahwa sayuran merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika Anda malas mengonsumsi sayuran hijau, itu artinya Anda akan kekurang nutrisi seperti nitrat dan lutein. Padahal, nitrat dan lutein sangat berperan dalam kesehatan mata Anda karena bisa menangkal glaucoma dan degenerasi macula.