4 Kebiasaan Kecil yang Tanpa Disadari dapat Merusak Ginjal

doktersehat-ginjal

DokterSehat.Com– Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia. Beberapa fungsi ginjal diantaranya untuk menyaring dan membersihkan darah, membentuk urin, mengatur kadar asam dan basa, mengontrol tekanan darah, merangsang pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan tulang, menjaga jumlah air dalam tubuh, mengatur jumlah kalius dalam darah, dan masih banyak fungsi penting lainnya.

Oleh karenanya, Anda harus senantiasa menjaga ginjal tetap sehat agar bisa berfungsi dengan baik dan tidak memicu kerusakan pada ginjal. Akan tetapi, tanpa disadari Anda sering melakukan kebiasaan kecil yang bisa merusak ginjal. Untuk itu, berikut adalah beberapa kebiaasan kecil yang dapat merusak ginjal, diantaranya:

1. Menunda Keinginan untuk Buang Air Kecil

Seringkali, Anda menunda keinginan untuk buang air kecil dikarenakan kondisi dan tempat yang tidak memungkinkan, terutama ketika Anda sedang berada di tempat umum yang tidak memiliki toilet. Hal tersebut dapat membuat ginjal Anda rusak karena urin yang tetap berada di dalam kandung kemih untuk waktu yang lebih lama dapat mengakibatkan bakteri dalam urin berkembang biak sehingga bisa menyebabkan infeksi saluran kencing atau ginjal.

2. Kurang Minum Air

Seseorang dianjurkan untuk minum air putih sedikitnya 8 gelas sehari, sebab air putih mempunyai segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh, khususnya ginjal. Ketika Anda kurang minum air putih, maka darah akan terkonsentrasi sehingga akan lebih sedikit aliran darah ke ginjal. Hal tersebut bisa menghambat kemampuan ginjal untuk membuang racun dari tubuh. Oleh sebab itu, perbanyaklan minum air putih. Di samping ginjal akan selalu sehat, tubuh Anda juga akan tetap terhindrasi dengan baik.

3. Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

Menurut sebuah penelitian, asupan garam yang terlalu tinggi juga bisa menjadi salah satu faktor pemicu kerusakan pada ginjal. Oleh sebab itu, mereka menyarankan agar seseorang mengonsumsi garam kurang dari 5 gram sehari. Selain dapat membuat ginjal rusak, konsumsi garam terlalu berlebihan juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya lainnya, salah satunya adalah tekanan darah tinggi.

4. Terlalu Banyak Minum Alkohol

Kebiasaan buruk minum minuman beralkohol sebaiknya segera dihentikan. Sebab, jenis minuman tersebut akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah kerusakan ginjal. Sebab, ketika Anda minum minuman beralkohol dalam jumlah yang banyak, maka asam urat akan disimpan di tubulus ginjal yang menyebabkan obstruksi tubular yang meningkatkan risiko gagal ginjal.