Sebelum Telat, Hentikan Kebiasaan yang Memperpendek Usia Ini

doktersehat-begadang

DokterSehat.Com– Pada dasarnya tidak ada seorangpun yang tahu batas usia yang dimiliki oleh manusia, namun tidak ada salahnya jika kita selalu menjaga dan menghargai sisa hidup yang kita miliki saat ini.

Adapun cara untuk menjaga setiap waktu berharga yang kita miliki adalah dengan melakukan hal-hal baik yang dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan, yakni dengan cara menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga, makan makanan sehat, istirahat yang cukup, dan masih banyak lainnya.

Sayangnya, masih banyak orang yang sering melakukan kebiasaan yang justru memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Tak jarang pula, kebiasaan tersebut juga bisa mempengaruhi usia, yakni memperpendek usia hidup. Berikut adalah 2 kebiasaan yang dapat memperpendek usia, yang harus segera dihentikan.

  • Menu Makan Malam Terlalu Manis atau Asin

Makanan yang memiliki rasa gurih, asin, dan manis memang dapat menggugah selera sehingga banyak yang menyukainya. Namun, seperti yang Anda tahu bahwa jenis makanan tersebut bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Mengonsumsi makanan terlalu manis bisa menyebabkan risiko obesitas, darah tinggi, stroke, serangan jantung, dan masih banyak lainnya.

Sementara itu, mengonsumsi makanan mengandung gula terlalu banyak juga bisa menyebabkan risiko penyakit diabetes dan juga obesitas. Melihat dampak buruk yang ditimbulkan tersebut, maka sangat jelas jika makanan yang terlalu manis maupun asin bisa memperpendek usia. Oleh sebab itu, hindarilah makanan manis dan asin terutama saat makan malam.

  • Begadang

Aktivitas pekerjaan yang cukup banyak juga mau tidak mau mengharuskan kita begadang untuk bisa menyelesaikannya. Padahal, tubuh memerlukan waktu sedikitnya 7 hingga 8 jam sehari untuk istirahat. Istirahat sendiri berfungsi untuk mengembalikan energi yang telah hilang serta menenangkan pikiran. Sehingga, jika Anda kurang tidur akibat begadang, maka akan membuat Anda merasa lelah di siang hari.

Akibat dari rasa lelah tersebut memungkinkan peluang Anda untuk mengalami kecelakaan lebih tinggi di jalanan atau di tempat kerja. Bisa dikatakan bahwa begadang bisa membuat usia Anda lebih pendek. Untuk itu, segera hilangkan kebiasaan buruk begadang dan cobalah untuk tidur minimal 7 hingga 8 jam sehari.