Kebiasaan yang Memperparah Bibir Kering dan Pecah

doktersehat-wanita-bibir-pecah-kering-chapped-lips-keriput

DokterSehat.Com– Kulit bibir merupakan kulit yang sensitif dibanding kulit pada area wajah lainnya. Tidak heran jika kulit bibir memiliki perawatan khusus untuk menjaganya tetap lembap. Namun, gaya hidup yang kurang sehat hingga pemakaian produk dengan kandungan bahan kimia menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Alih-alih ingin mengembalikan kesehatan bibir, sejumlah kebiasaan berikut justru memperparah kondisi bibir.

1. Menjilat Bibir

Alih-alih ingin melembapkan bibir dengan air liur, menjilat bibir justru akan memperparah bibir kering dan pecah-pecah. Dilansir dari laman Bustle, hal tersebut disebabkan lantaran air liur merusak permukaan luar kulit bibir. Tidak heran jika menjilat bibir justru akan menjadikan bibir semakin kering.

2. Menggunakan Lip Plumpers

Tren bibir penuh layaknya Kylie Jenner memang tengah booming. Namun, bagi Anda yang sedang mengalami bibir kering dan pecah-pecah, jangan sekali-sekali berniat menggunakan lip plumper. Dilansir dari Bustle, lip plumper mengandung capsicum atau menthol yang menyebabkan iritasi dan menghilangkan kelembapan kulit bibir.

3. Melewatkan Sunscreen

Skincare satu ini rupanya tidak hanya diaplikasikan pada kulit wajah saja, tetapi juga pada kulit bibir. Paparan sinar matahari yang mengandung UV dapat memperparah bibir yang kering dan pecah-pecah. Tidak hanya membuat bibir menjadi semakin kering, sinar UV juga berisiko menjadikan kulit bibir menghitam.

4. Mengoleskan Lip Balm Terlalu Banyak

Lip balm memang ampuh dalam melembapkan bibir. Namun, Anda sangat tidak disarankan menggunakan lip balm terlalu banyak. Dilansir dari laman Gurl, lip balm mengandung sejumlah bahan kimia tertentu yang dapat mengeluarkan kelembapan bibir. Pemakaian lip balm secara berlebih justru membuat bibir terasa kering hanya dalam waktu satu atau dua jam setelah pemakaian.

Nah, apakah Anda sering melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas? Jika ya, sebaiknya segera kurangi atau hentikan kebiasaan tersebut demi menjaga kesehatan bibir. Selain itu, imbangi dengan penerapan gaya hidup yang lebih sehat serta pemakaian lip products yang lebih natural dan aman.