Kebiasaan yang Membuat Gemuk Walaupun Makan Masakan Sendiri

doktesehat makanan dibatasi saat lebaran
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Salah satu cara sederhana dalam menerapkan pola makan sehat adalah dengan cara mengubah kebiasaan makan di warung atau restoran dengan makan masakan sendiri di rumah. Sebab, makanan yang di masak sendiri di rumah jauh lebih sehat dibanding dengan makanan yang di jual di warung atau restoran.

Hal ini dikarenakan setiap bahan yang akan dimasak kita sendiri yang pilih dan pastinya kita tidak akan mencampurkan bahan yang berbahaya di dalamnya. Sedangkan jika kita membelinya di luar, kita tidak tahu bahan apa yang dicampurkan di dalam makanan tersebut. Bisa jadi mengandung MSG atau bumbu penyedap yang berbahaya bagi kesehatan.

Walaupun makan masakan sendiri di rumah jauh lebih sehat, namun tidak menutup kemungkinan justru membuat kita mengalami kenaikan berat badan. Tanpa kita sadari, ada beberapa kebiasaan yang kita lakukan saat memasak makanan yang akhirnya membuat badan menjadi gemuk. Beberapa kebiasaan tersebt diantaranya:

1. Konsumsi Makanan Tinggi Karbohidrat

Seperti yang kita tahu bahwa karbohidrat juga memiliki pengaruh penting terhadap kenaikan berat badan. Sehingga, konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi sebaiknya dihindari. Akan tetapi, kita sering mengolah makanan tersebut di rumah, seperti pasta, nasi, dan mie instan. Jika ketiga jenis makanan tersebut sering kita konsumsi dalam sekali makan, maka kenaikan berat badan tidak bisa dihindari lagi.

2. Menambahkan Bahan Tertentu Secara Berlebihan

Ini berlaku saat kita sedang membuat makanan manis seperti kue keju, kukis, pisang coklat keju, dan masih banyak lainnya. Seringkali kita menambahkan toping terlalu banyak, misalnya parutan keju yang melimpah atau susu kental manis dalam jumlah yang sangat banyak. bahan-bahan tersebut bisa menjadi penyebab kenaikan berat badan.

3. Terlalu Banyak Menyantap Makanan Penutup

Bagi sebagian besar orang, makanan penutup wajib dihidangkan setelah makan besar. Biaanya, makanan penutup tersebut memiliki rasa yang manis. Seperti yang kita tahu bahwa mengonsumsi makanan manis yang terlalu banyak, dapat menimbulkan masalah obesitas dan diabetes.