Terbit: 10 Maret 2018 | Diperbarui: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang berpikir jika pola makan sehat dan rajin berolahraga sudah cukup untuk membuat badan sehat. Padahal, tidur cukup juga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jika kita terbiasa kurang tidur setiap malam, tidak hanya akan membuat tubuh mengantuk dan kurang berenergi, hal ini juga akan membuat kadar kolesterol jahat meningkat dengan signifikan.

Kebiasaan Tidur Bisa Memengaruhi Kolesterol?

Dikutip dari Verywell.com, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada kaitan erat antara kebiasaan tidur dengan kadar lipid dalam tubuh. Jika kita tidur kurang dari enam jam setiap malam, maka hal ini akan mempengaruhi kadar kolesterol dan trigliserida. Sebaliknya, tidur sekitar enam hingga delapan jam dalam sehari bisa menjaga keseimbangan kolesterol dan trigliserida sehingga mampu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit pernafasan.

Bagi kaum hawa, kadar kolesterol baik dan trigliserida sangat dipengaruhi oleh kebiasaan tidur. Dalam sebuah penelitian misalnya, disebutkan bahwa kadar HDL akan menurun hingga 6 mg/dL dan kadar trigliserida akan naik hingga 30 mg/dL jika waktu tidur kurang dari enam jam atau lebih dari delapan jam setiap malam.

Untuk kadar kolesterol jahat, beberapa penelitian menyebutkan bahwa kebiasaan kurang tidur bisa meningkatkan kadarnya 9 mg/dL jika tidur kurang dari 6 jam setiap malam.

Kurang tidur akan membuat kita mengalami peningkatan risiko terkena sindrom metabolik yang sayangnya juga diikuti dengan menurunnya kadar kolesterol baik, dan naiknya kadar trigliserida, tekanan darah, kadar glukosa, dan membuat risiko obesitas meningkat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menjaga waktu tidur dengan baik setiap malam sehingga tidak akan mengalami masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi.

Jadi Sobat Sehat, apakah sudah siap untuk tidur lebih awal hari ini?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi