Kebiasaan Skincare Buruk yang Dapat Mempengaruhi Kulit

DokterSehat.Com– Semua orang pasti menginginkan yang terbaik untuk kulit mereka. Karena itulah berbagai perawatan dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat. Hanya saja, tanpa disadari beberapa orang melakukan beberapa kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan kulit. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Tidak mengganti spons mandi terlalu sering

Kain pencuci dan spons mandi dapat mengandung bakteria, jamur, dan banyak lagi yang dapat berbahaya bagi kulit Anda. Pastikan Anda mengeringkan spons anda dengan baik dan jangan lupa untuk menggantinya secara teratur. Untuk yang menggunakan kain pencuci, lebih baik selalu menggunakan yang baru atau bersih setiap hari, namun jangan menggunakannya untuk wajah Anda. Hal ini sangat mengiritasi kulit.

2. Tidak menggunakan pelembap pada kulit berminyak dan rentan jerawat

Banyak orang yang mendengar bahwa jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda tidak bisa menggunakan pelembap sama seperti orang dengan kulit kering. Tapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Jika kulit Anda rentan jerawat, Anda bisa menggunakan produk non-komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori. Kulit yang kering pada akhirnya akan menimbulkan inflamasi dan meningkatkan produksi minyak. Jadi, Anda tetap membutuhkan hidrasi yang baik.

3. Tidak mandi segera setelah olahraga

Keringat dapat dengan mudah terperangkan dalam pakaian yang ketat. Hal ini dapat menimbulkan jerawat, iritasi dan masalah lainnya. Biasakan untuk segera mandi untuk mengurangi waktu bakteri berdiam di tubuh Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan sabun anti-bakteri dan fokus pada area di mana kulit Anda bersentuhan dengan peralatan olahraga.

4. Menggunakan SPF tinggi tapi tidak menggunakannya cukup sering

Kebanyakan orang biasanya menggunakan sunscreen kurang dari waktu yang disarankan. Biasanya, orang beranggapan bahwa SPF tinggi berarti tidak perlu terlalu sering menggunakan sunscreen. Tidak peduli seberapa tinggi SPF produk sunscreen Anda, Anda tetap harus mengoleskannya kembali beberapa kali. Dengan begitu, kulit Anda benar-benar terlindungi.