Terbit: 6 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat sedang menjalankan puasa, kita sering sekali melakukan kebiasaan baik agar puasa bisa berjalan dengan baik. Kebiasaan baik itu juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat sehingga Anda tidak mudah sakit dan selalu aktif setiap hari.

5 Kebiasaan Sehat Saat Puasa yang Bisa Diteruskan Setelah Hari Raya

Sayangnya kebiasaan baik yang dimulai saat puasa itu kadang tidak dikerjakan lagi setelah Hari Raya. Kita kembali ke kebiasaan lama yang sering malas-malasan, tidak mengatur pola makan, dan sering begadang karena banyak acara menarik.

Nah, mulai tahun ini kenapa kita tidak mempertahankan saja kebiasaan sehat saat puasa. Dengan tetap melakukan lima kebiasaan di bawah ini Anda akan semakin sehat, kuat, dan terhindar dari penyakit berbahaya.

  1. Mengurangi rokok

Saat sedang puasa kita akan mengurangi rokok saat sahur dan berbuka karena dianggap berbahaya dan bisa membuat puasa jadi terganggu. Akhirnya Anda hanya merokok sekadarnya saja atau tidak merokok sama sekali karena ini memanfaatkan momen puasa ini dengan maksimal.

Setelah puasa usai, coba untuk melakukan hal yang sama. Kendalikan rokok perlahan-lahan hingga ketergantungannya bisa hilang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  1. Tidur dengan porsi yang cukup

Kalau ingin semakin sehat dan tidak mudah sakit, perhatikan juga waktu tidur. Tetap biasakan setiap hari tidur selama 7-8 jam atau minimal 6 jam. Kalau ingin tidur dengan porsi ini usahakan untuk tidak tidur terlalu malam.

Jauhi ponsel atau gadget lain kalau ingin segera mengantuk. Jangan terus memandang layar bercahaya karena bisa membuat Anda semakin terjaga dan kantuk pun enggan datang meski tubuh sudah semakin lemas.

  1. Menyempatkan diri untuk olahraga

Saat sedang puasa kita biasanya menyempatkan diri untuk berolahraga setiap hari atau minimal saat akhir pekan. Kita menggunakan waktu sebanyak 15-30 menit untuk melakukan olahraga ringan sehingga tubuh bisa terus fit dan puasa berjalan dengan tanpa banyak gangguan.

Setelah puasa habis, Anda tetap disarankan untuk berolahraga dengan rutin. Karena ini bukan puasa lagi coba lakukan olahraga dengan intensitas sama sebanyak 45-60 menit. Kalau tidak punya waktu coba lakukan selama 30 menit dengan intensitas yang lebih tinggi.

Anda bisa pergi ke lapangan untuk melakukan jogging atau pergi ke tempat gym untuk angkat beban. Lawan rasa malas untuk berolahraga dengan segera agar kesempatan mendapatkan atau mempertahankan berat badan ideal tidak hilang.

  1. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi

Saat sedang puasa kita selalu memperhatikan apa yang sedang dimakan dan masuk ke dalam perut. Kita menghindari sekali gorengan atau sesuatu yang berleak karena bisa mengganggu pencernaan dan memicu terjadinya kegemukan.

Kita juga menghindari makanan yang terlalu pedas dan asam karena bisa membahayakan perut. Lebih lanjut kita juga selalu memperhatikan nutrisi yang masuk mulai dari karbohidrat, protein, hingga lemaknya.

Nah, saat puasa usai, Anda bisa tetap melakukan hal ini agar tubuh jadi semakin sehat.

  1. Memperhatikan minuman yang dikonsumsi

Hal terakhir yang bisa dipertahankan setelah puasa adalah minuman yang dikonsumsi. Saat puasa kita menghindari banyak sekali minuman yang mengandung terlalu banyak kafeina. Nah, setelah puasa Anda juga bisa melakukannya dengan benar.

Selanjutnya saat puasa kita selalu berusaha untuk minum hingga 8 gelas air putih sehati. Setelah Lebaran coba untuk tetap melakukannya dengan membagi jatah minum mulai dari pagi, siang, sore, dan malam dengan seimbang.

Nah, selain lima kebiasaan sehat di atas, adalah hal lain yang harus dipertahankan setelah puasa?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi