Sederhana, Ini 5 Kebiasaan yang Buat Makan Malam Jadi Super Sehat!

doktersehat-pola-makan-sehat-ramadan
Photo Credit: Flickr.com/Michael Stern

DokterSehat.Com– Apa saja kebiasaan saat makan malam yang sering Anda lakukan? Makan malam tentu menjadi salah satu waktu makan yang ditunggu-tunggu.

Umumnya makan malam yang dilakukan setelah seharian beraktivitas memang dipilih atau dipersiapkan khusus, ya. Hal ini tentu bisa menjadi kebiasaan yang baik, apalagi jika didukung dengan beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan saat makan malam.

Mengapa makan malam bisa menjadi waktu makan yang mampu mendukung kebiasaan makan sehat?

doktersehat makanan harus dihindari wanitaMakan malam bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk mendukung kebiasaan makan yang sehat, karena:

  • Waktu makan malam yang cenderung lebih santai, karena dilakukan pada jam yang lebih bebas dibandingkan waktu makan lainnya.
  • Mampu melakukan pemilihan jenis dan porsi dengan lebih baik, karena waktu makan yang lebih bebas tersebut

Akan tetapi, hal tersebut terkadang diabaikan sehingga kebiasaan makan malam menjadi kerap tidak sehat karena hanya mengutamakan nafsu makan yang sedang besar pasca seharian beraktivitas.

Hasilnya, bukan tidak mungkin waktu makan malam yang lebih bebas justru membuat porsi makan menjadi semakin besar atau ngemil menjadi semakin sering, dan pemilihan makanan yang tidak tepat.

Untuk itu, kita harus membangun beberapa kebiasaan baik saat makan malam agar waktu makan yang lebih bebas dan khusus saat makan malam bisa memberikan manfaat yang optimal untuk kesehatan tubuh kita.

Lalu, apa saja sih kebiasaan sehat saat makan malam yang bisa kita lakukan?

Berikut beberapa kebiasaan sehat yang bisa dengan mudah kita lakukan saat makan malam:

1. Makan malam lebih awal atau paling tidak 3 jam sebelum tidur

doktesehat makanan dibatasi saat lebaran
photo credit: Pexels

Makan malam lebih awal, misalnya setelah memasuki waktu petang, bisa menjadi waktu makan yang baik. Hal ini akan mendukung jeda waktu makan yang tepat, sehingga energi dalam tubuh bisa segera tergantikan dan gula darah dalam tubuh juga bisa lebih terkontrol.

Hindari memilih waktu makan malam yang terlalu dekat dengan jam tidur, karena hal ini akan mempeberat metabolisme tubuh, meningkatkan simpanan lemak dalam tubuh hingga meningkatkan berat badan.

2. Mengontrol porsi yang seimbang

diet-sakara-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Makan malam kerap dikosnumsi berlebihan karena nafsu makan yang sedang tinggi setelah seharian beraktivitas, hal ini tentu harus dihindari agar pemenuhan energi dalam tubuh tidak berlebihan.

Secara umum, makan malam mampu memenuhi 25-30% dari kebutuhan energi harian tubuh. Untuk itu, selalu pastikan makan malam yang Anda konsumsi sesuai porsinya dengan kebutuhan tubuh, sehingga kebutuhan energi pasca beraktivitas bisa terpenuhi dengan cukup.

3. Menyajikan menu makan malam bergizi lengkap

Pilih menu makan malam yang lengkap, yaitu mengandung karbohidrat, protein, baik hewani maupun nabati, lemak baik, serta serat dari sayur dan buah. Memilih menu makan yang bergizi lengkap akan sangat mendukung pemenuhan kebutuhan berbagai jenis zat gizi dan vitamin harian dalam tubuh.

4. Selalu sajikan sayur pada menu makan malam

Diet-dukan-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/mosespreciado

Memastikan sayur selalu menjadi bagian makan malam menjadi kebiasaan yang super sehat karena asupan serat dalam tubuh menjadi lebih terkontrol. Patsikan, paling tidak Anda mengonsumsi 1 porsi sayur, yang setara dengan 5-6 sendok besar sayur berdaun yang direbus saat makan malam.

5. Mengonsumsi buah sebagai minuman atau makanan pembuka maupun pencuci mulut saat makan malam

Selalu pilih buah sebagai penutup makan malam Anda. Sajikan buah sebagai salad pembuka makan malam, buah potong sebagai makanan penutup atau sebagai minuman saat makan malam.

Hal ini akan mendukung asupan serat, vitamin dan mineral harian , serta sangat baik untuk kesehatan tubuh jelang istirahat.