DokterSehat.Com– Hampir semua orang rentan terkena stres, apalagi jika mereka mengalami tekanan yang berat di pekerjaannya atau sedang mengalami masalah yang cukup pelik. Yang menjadi masalah adalah, stres tak hanya menjadi beban pikiran, namun juga bisa memicu datangnya masalah kesehatan yang serius layaknya insomnia, meningkatnya tekanan darah, dan lain-lain. Beruntung, pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan berbagai kebiasaan sehat ini agar tidak mudah terkena stres.

doktersehat-overtime-sibuk-kerja-lembur-stress-memunda-pekerjaan-wanita-resiko-jantung-resiko-kesehatan-wanita-karir

Gaya hidup sehat
Menerapkan gaya hidup sehat itu tidak rumit kok. Kita hanya perlu melakukan olahraga secara rutin, meskipun olahraga tersebut hanyalah berjalan kaki, selalu sarapan pagi dan memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang, dan tidur cukup setiap malam. Dengan melakukan hal-hal tersebut, tubuh dan pikiran akan menjadi lebih bugar, sehat, dan tenang sehingga tidak mudah tekena stres.

Menghindari drama
Meski terlihat menarik, jangan mudah ikut bergosip atau terlibat dalam drama yang dibuat oleh orang lain. Fokuslah pada hal-hal yang dianggap penting dan bisa berpengaruh pada kehidupan kita agar kita tidak mudah terseret dalam hal-hal yang membuat stres.

Suka membantu
Jangan ragu untuk membantu orang lain atau bersedekah. Telah ada penelitian yang membuktikan bahwa melakukannya bisa memberikan manfaat positif bagi kesehatan mental, lho.

Tahu cara untuk bersenang-senang
Jangan menunggu untuk stress terlebih dahulu untuk refreshing. Selalu sempatkan waktu untuk menyenangkan diri sendiri. Tak harus pergi ke tempat wisata kok. Meluangkan waktu untuk bertemu teman-teman, membaca buku, menikmati taman hijau, atau mengkonsumsi makanan favorit sudah bisa membuat pikiran senang dan kita pun tidak akan mudah terkena stres.

Menjaga kesehatan
Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dengan tubuh yang sehat dan bugar, maka kita pun akan merasa jauh lebih bahagia, tenang, dan tidak mudah cemas.