3 Kebiasaan Sehari-Hari yang Ternyata Merugikan Kesehatan

doktersehat-mandi-sebelum-tidur

DokterSehat.Com– Dalam kehidupan, tentunya kita akan melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari aktivitas pekerjaan, sekolah, membersihkan rumah, perawatan diri, makan dan minum, dan lain sebagainya.

Tak jarang pula, beberapa aktivitas yang kita lakukan melekat erat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita melakukannya setiap hari. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa beberapa dari aktivitas atau kebiasaan tersebut tanpa disadari dapat membahayakan tubuh

Bahkan, kebiasaan tersebut merupakan aktivitas sederhana yang kerap Anda lakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa kebiasaan yang tanpa disadari dapat merugikan kesehatan, diantaranya:

1. Mengupas Kulit Apel

tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan mengupas kulit apel terlebih dahulu ketika ingin mengonsumsinya. Padahal, nutrisi yang terkandung dalam buah, tidak hanya ada pada daging buahnya saja, melainkan juga di kulit buah tersebut, khususnya apel. Selain itu, jika Anda mengonsumsi buah apel tanpa dikupas, dipercaya mampu mencegah penyakit kronis pada sistem kardiovaskular. Namun, sebelum mengonsumsi buah apel, Anda harus mencucinya terlebih dahulu sampai benar-benar bersih.

2. Membunyikan Alarm Terlalu Keras

Apakah Anda termasuk orang yang sulit bangun dari tidur? Biasanya, seseorang yang sulit bangun dari tidur, akan membunyikan alarm dengan volume yang sangat keras. Alarm ini memang sangat membantu Anda untuk bangun dari tidur sehingga bisa melakukan aktivitas tepat waktu. Namun, kebiasan membunyikan alarm terlalu keras dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan. Pasalnya, bunyi alarm terlalu keras dapat meningkatkan tekanan darah dan mempercepat denyut jantung. Selain itu, suara yang terlalu keras juga bisa menyebabkan stres dan kenaikan kadar kortisol. Untuk itu, Atur volume alarm Anda kembali.

3. Membungkus Rambut Basah dengan Handuk

Kebiasaan ini seringkali dilakukan oleh kau wanita setelah keramas. Mereka percaya bahwa dengan membungkus rambut yang masih basah dengan handuk akan cepat kering. Selain itu, membungkus rambut basah dengan handuk juga dapat menghindari tetesan air jauh ke baju, yang akhirnya membuat baju menjadi basah. Padahal kebiasaan tersebut dapat memberikan kerusakan pada rambut, yakni menyebabkan ujung rambut bercabang atau bahkan membuat rambut rontok.