Terbit: 19 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap orang pasti takut memiliki tubuh besar alias gemuk. Hal ini dikarenakan tubuh gemuk bisa merusak penampilan sehingga membuat mereka kurang percaya diri. Selain itu, juga bisa membatasi mereka dalam memilih pakaian. Jika orang bertubuh kurus dengan sesuka hati dapat memilih model pakaian yang diinginkan, berbeda dengan orang bertubuh gemuk yang hanya dapat memakai pakaian tertentu saja.

Wah, Ternyata Gemuk Bisa Disebabkan oleh Kebiasaan ini

Tubuh gemuk umumnya disebabkan oleh kebiasaan makan dalam porsi besar dan juga akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori tinggi, serta makanan asin dan manis. Tapi, tahukah Anda bahwa kegemukan juga bisa disebabkan oleh kebiasaan yang tanpa sadar Anda lakukan setiap hari? Berikut adalah beberapa kebiasaan tersebut.

1. Makan Terlalu Cepat

Apakah Anda termasuk orang yang selalu buru-buru termasuk saat makan? Nah, kebiasaan itu ternyata bisa membuat tubuh Anda menjadi gemuk. Makan terlalu cepat dapat memengaruhi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jika Anda makan terlalu cepat, maka tanpa Anda sadari jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh akan banyak sehingga menyebabkan tubuh Anda menjadi gemuk. Oleh karenanya, cobalah untuk makan dalam waktu santai agar tubuh bisa mencerna dengan baik.

2. Kurang Minum Air Putih

Air putih sangat bagus untuk kesehatan tubuh sehingga sangat diajurkan untuk minum air putih sedikitnya 8 gelas sehari. Namun, banyak orang yang masih memiliki kebiasaan malas minum air putih. Selain dapat membuat tubuh dehidrasi, kurang minum juga bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Hal ini dikarenakan, minum air putih sebelum makan bisa mengontrol porsi makan. Untuk itu, perbanyak minum air putih dan kurangi minuman manis.

3. Mencampur Jus dengan Susu Kental Manis

Tidak sedikit orang yang membuat jus dan dicampur dengan susu kental manis. Jus memang terasa segar dan tentunya bagus untuk tubuh karena terbuat dari buah-buahan segar yang mengandung banyak vitamin. Akan tetapi, mencampur jus dengan susu justru dapat membuat tubuh Anda menjadi gemuk. Hal ini dikarenakan susu kental manis tinggi akan gula sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak akan membuat Anda mengalami kenaikan berat badan. Sebaiknya, konsumsi jus segar tanpa tambahan gula atau pemanis buatan lainnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi