Terbit: 4 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Miss v merupakan salah satu organ penting bagi setiap wanita. Sebab, miss v sendiri tidak hanya sebagai alat reproduksi, tapi berpengaruh pada kesehatan seseorang. Semakin sehat organ sensitif yang satu ini, maka semakin sehat pula wanita tersebut. Oleh karenanya, semua pakar kesehatan sangat menyarankan agar tetap merawat dan menjaga kebersihan miss v agar terhindar dari berbagai macam gangguan penyakit.

Ladies Wajib Tahu, Inilah 4 Kebiasaan Buruk Penyebab Miss V Tak Sehat

Namun, sayangnya ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa merusak miss v, bahkan membahayakan. Kebiasaan itu tidak pernah disadari oleh kebanyakan orang. Biasanya mereka akan kaget karena tiba-tiba miss v mengalami gangguan akibat kebiasaan  itu.

Untuk lebih jelas, berikut adalah kebiasaan tersebut.

1. Memakai Celana Dalam Ketat

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran dari celana dalam. Pastikan Anda menggunakan celana dalam yang pas dan cocok. Jangan sampai terlalu kecil, apalagi sampai ketat. Sebab, dengan terlalu ketat bisa menghambat sirkulasi udara dan darah pada area miss v. Akibatnya, miss v menjadi lebih kering dan pucat akibat kekurangan darah.

2. Tidak Ada Ruang Bernapas

Ini juga penting dan harus diperhatikan. Gunakan celana dalam atau celana yang bisa memberi sirkulasi udara yang baik bagi miss v. Pasalnya, miss v yang sesak akan membuat produksi bakteri meningkat. Tentu saja hal itu adalah kabar buruk, sebab bisa membuat berbagai macam masalah, seperti infeksi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

3. Menggunakan Pembalut Terlalu Lama

Ketika sedang haid, setiap wanita akan menggunakan pembalut agar darah yang dikeluarkan tidak tercecer ke mana-mana. Namun, kadang ada wanita yang malas mengganti pembalut dan dibiarkan begitu lama. Padahal, cara itu salah besar dan justru membuat masalah serius bagi miss v. Sebaiknya, gantilah pembaut antara 3 sampai 4 jam sekali.

4. Terlalu Sering Dibersihkan

Menjaga kebersihan miss v memang sangat penting, tapi juga ada batas normalnya. Anda tidak diperkenankan untuk terlalu sering membersihkan miss v, apalagi menggunakan produk sabun. Sebab, sabun pembersih itu bisa membunuh bakteri baik pada miss sehingga keseimbangan pH terganggu.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi