Awas, Kebiasaan Ini Memicu Risiko Tipes pada Anak!

doktersehat tipes pada anak

DokterSehat.Com– Tipes atau demam tifoid adalah infeksi menular yang disebabkan bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini umummnya masuk melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi, lalu masuk ke pencernaan. Tipes dapat menyerang anak-anak hingga dewasa, namun anak-anak lebih rentan terkena tipes dibandingkan orang dewasa.

Kebiasaan buruk anak yang dapat menyebabkan sakit tipes

Tanpa disadari, kebiasaan anak sehari-hari dapat memicu penyalot tipes pada anak. Beberapa kebiasaan tersebut antara lain:

1. Jajan sembarangan

Siapa anak-anak yang tidak suka jajan? Anak kecil sangat mudah tertarik pada jajanan yang beredar di pasaran. Mereka umumnya belum mampu membedakan mana makanan yang diproses dengan baik dan sehat serta mana yang kurang higienis. Akibatnya, anak yang sering jajan sembarangan dapat terkena tipes terutama jika kondisi tubuhnya sedang tidak fit.

2. Tidak menjaga kebersihan makanan

Salah satu penyebab tipes adalah mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya yang berasal dari air yang terkontaminasi kotoran yang terinfeksi bakteri penyebab tipes. Karena itu biasakan anak selalu mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air kecil untuk mencegah tertular tipes, dan pastikan ikan atau makanan laut di rumah diolah dengan baik dan bersih.

3. Mengonsumsi air minum yang tidak higienis

Tipes juga dapat menular lewat air minum. Misalnya anak Anda senang membeli es yang dijual di pinggiran tanpa tahu bagaimana cara mengolahnya. Es batu yang digunakan bisa jadi sudah tercemar urin atau feses manusia tanpa kita ketahui.

4. Menggunakan toilet umum yang kotor

Kebersihan toilet umum juga dapat memengaruhi penyebaran penyakit tipes. Pasalnya, bakteri Salmonella typhi bisa bertahan di tinja orang yang terinfeksi. Jika si kecil menggunakan toilet yang baru saja digunakan oleh orang yang terinfeksi Salmonella typhi, maka ia berisiko untuk terkena tipes.

Mengingat penyakit tipes bisa mengarah pada kondisi yang serius, maka sebaiknya Anda melakukan pencegahan untuk menghindari penyebab tipes. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan antara lain membiasakan anak untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah menggunakan toilet umum, serta menghindari jajan dan minum es sembarangan. Jika perlu, selalu bawa tisu basah atau pembersih tangan antiseptik untuk berjaga-jaga.