Terbit: 13 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kanker adalah tumbuhnya jaringan abnormal atau karsinogenik yang merusak jaringan lainnya. Beberapa kanker bersifat seperti tumor dan membesar di beberapa organ tubuh. Bisa juga menyebabkan gangguan yang tidak kalah fatal dan  menyebabkan kematian dengan instan. Apa saja kebiasaan pemicu kanker?

Kebiasaan Buruk yang Meningkatkan Risiko Terkena Kanker

Kebiasaan Pemicu Kanker yang Sering Dilakukan

Munculnya kanker pada tubuh pria dan wanita tidak terjadi begitu saja. Biasanya kebiasaan sehari-hari yang dilakukan selama bertahun-tahun memicu sel kanker untuk tumbuh. Selain itu ada kemungkinan juga peran hormon di dalam tubuh dan juga makanan membuat sel berbahaya tumbuh dan menyebar. Berikut kebiasaan pemicu kanker yang sering dilakukan:

  1. Terlalu banyak duduk saat bekerja

Mereka yang bekerja di kantor dan lebih banyak duduk untuk menyelesaikan pekerjaan akan berisiko mengalami kanker pada tubuhnya. Oleh karena itu, kalau Anda duduk selama 2 jam dan merasa lelah lebih baik segera berdiri dan jalan selama 5 menit. Selanjutnya, baru duduk kembali.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa orang di Jerman terhadap 70.000 penderita kanker didapatkan fakta kalau duduk lebih dari 2 jam bisa mengingatkan kanker kolon atau usus sebanyak 8 persen. Selanjutnya kanker paru-paru juga akan naik hingga 6 persen. Khusus pada wanita, peningkatan kanker endometriosis bisa naik hingga 10 persen.

  1. Obesitas karena makan tidak terkontrol

Seseorang bisa mengalami obesitas karena beberapa hal seperti makan tidak terkontrol atau terlalu banyak mengonsumsi gula. Oleh karena itu, mengendalikan apa yang dimakan sangat penting. Meski terlihat sedikit, kita tidak tahu berapa banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Obesitas yang terjadi pada pria dan wanita bisa memicu terjadinya gangguan pada tubuh mulai dari masalah penurunan kesuburan, penurunan kualitas gerak, dan meningkatnya risiko kanker di dalam tubuh. Kegemukan menyebabkan hormon di dalam tubuh tidak bisa berjalan dengan lancar. Akibatnya, ini jadi kebiasaan pemicu kanker payudara yang tidak bisa dihindari.

Turunkan kadar lemak di dalam tubuh perlahan-lahan. Anda bisa mengatur pola makan agar sedikit defisit setiap hari. Selanjutnya barengi olahraga agar semakin cepat mendapatkan berat badan ideal.

  1. Konsumsi daging berlebihan

Daging merah atau jenis daging lain memang memberikan tubuh sumber protein. Sayangnya, kondisi ini bisa menjadi kebiasaan pemicu kanker kalau dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan lemak pada daging bisa membuat obesitas. Jenis kanker yang bisa muncul dari konsumsi daging berlebihan adalah kanker prostat hingga pankreas.

  1. Konsumsi alkohol dan rokok yang tidak terkontrol

Konsumsi alkohol yang berlebihan bisa membuat Anda mengalami kanker dengan mudah. Jenis kanker yang bisa muncul karena konsumsi alkohol adalah kanker payudara, kanker di sekitar kepala, leher, dan hati yang terus-menerus menyaring racun yang masuk bersama dengan konsumsi alkohol.

Selain mengonsumsi alkohol yang berlebihan, kebiasaan pemicu kanker adalah merokok. Ini memicu kanker di dalam tubuh berkembang dengan lebih cepat. Kanker yang berkembang di dalam tubuh dipicu oleh racun yang masuk bersama asap dari rokok yang sangat berbahaya.

  1. Jarang bergerak aktif

Kalau Anda ingin terbebas dari kanker dengan mudah, ada baiknya untuk lebih aktif dalam bergerak. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging saat pagi hari atau melakukan olahraga di gym sebanyak 3-5 kali selama seminggu agar bisa maksimal dan tubuh tidak mengalami penumpukan lemak.

Itulah beberapa kebiasaan pemicu kanker pada tubuh pria dan juga wanita. Semoga ulasan di atas bermanfaat sehingga kita semua bisa meninggalkan kebiasaan buruk yang berbahaya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi