7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Ginjal secara Permanen

kebiasaan-perusak-ginjal-doktersehat

DokterSehat.Com – Semua organ yang ada di dalam tubuh memiliki fungsi yang besar untuk menentukan kesehatan secara menyeluruh. Satu saja organ mengalami gangguan, kemungkinan besar akan terjadi masalah yang besar, termasuk ginjal. Kalau organ ini tidak dijaga dengan baik dan akhirnya terjadi kerusakan, gagal ginjal bisa saja terjadi.

Mengingat ginjal memiliki banyak fungsi meski ukurannya cukup kecil, ada baiknya kita harus mencegah kebiasaan buruk yang merusaknya. Kebiasaan buruk di bawah ini harus dihindari atau kalau bisa disetop agar ginjal bisa bekerja dengan maksimal dari muda hingga tua.

Kebiasaan buruk yang merusak ginjal

Kebiasaan buruk yang merusak ginjal ada banyak. Bahkan terkadang kebiasaan ini terlihat biasa dan tidak berbahaya. Berikut beberapa kebiasaan yang harus Anda hindari.

  1. Tidak mengonsumsi cukup air

Dokter menyarankan kita semua untuk minum sebanyak 8 gelas air atau 2 liter air setiap harinya. Lebih dari ini tidak masalah asalkan tetap bisa diterima oleh tubuh. Kalau Anda minum air kurang dari ini, peluang tubuh mengalami dehidrasi akan besar. Bahkan, Anda akan menjadi lemas dan ginjal bisa mengalami kerusakan.

Saat tubuh kekurangan air setiap harinya, ginjal akan bekerja dengan lebih kuat. Urine yang disaring akan lebih pekat dan menyebabkan pengkristalan. Kalau pengkristalan terjadi, kemungkinan besar bisa menjadi batu ginjal. Selain pengkristalan, ada juga kerusakan pada jaringan yang digunakan untuk penyaringan.

  1. Mengonsumsi banyak garam

Garam memang bermanfaat untuk tubuh seperti mencegah rasa lemas yang berlebihan. Namun, kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak, tubuh akan mengalami gangguan. Garam berlebih akan mengikat air di dalam tubuh dan menyebabkan masa tubuh jadi meningkat. Area perut akan menggemuk dan kerja dari ginjal akan berjalan cukup berat.

Kurangi konsumsi garam yang masuk ke dalam tubuh. Dalam satu hari maksimal garam yang dibutuhkan oleh tubuh hanya satu sendok teh saja. Garam ini tidak dihitung dari jumlah garam meja yang digunakan untuk memasak saja. Garam juga berasal dari aneka makanan ringan seperti keripik atau kerupuk.

  1. Mengonsumsi terlalu banyak protein

Mengonsumsi terlalu banyak protein khususnya protein hewani bisa menyebabkan gangguan ginjal. Protein yang masuk ke tubuh dan berlebihan akan menyebabkan ginjal bekerja dengan maksimal. Kalau ginjal bekerja terlalu berat, kemungkinan terjadi kerusakan akan lebih besar.

  1. Kurang olahraga

Kurang olahraga menyebabkan ginjal mengalami gangguan. Aliran darah yang buruk hingga inflamasi menyebabkan ginjal terjadi kerusakan. Kalau Anda tidak ingin mengalami gangguan pada ginjal, lakukan olahraga ringan seperti jogging atau jalan santai setiap pagi.

  1. Merokok dan minum alkohol

Alkohol dan rokok menyebabkan tubuh menyerap racun dalam jumlah banyak. Racun yang masuk ke dalam tubuh bisa ikut ke peredaran darah dan akhirnya masuk ke ginjal. Kalau konsumsi dua hal ini terus dibiarkan kemungkinan terjadi gangguan ginjal akan besar.

  1. Minum dan makan terlalu manis

Mengonsumsi makanan yang terlalu manis menyebabkan tubuh mudah sekali mengalami obesitas. Kalau sudah mengalami obesitas, kemungkinan terjadi gangguan darah tinggi dan diabetes. Dua penyakit ini menyebab gangguan ginjal mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan parah yang menyebabkan ginjal tidak berfungsi sama sekali.

Kurangi makanan dan minuman yang terlalu manis. Ganti gula yang digunakan dengan gula rendah kalori atau batas konsumsinya hingga maksimal 4 sendok teh setiap harinya.

  1. Terlalu sering duduk

Duduk terlalu lama juga menyebabkan ginjal mengalami gangguan. Bahkan, ginjal bisa mengalami inflamasi dan juga nyeri yang cukup kuat. Pinggang dan tulang belakang biasanya akan terdampak dan membuat Anda tidak nyaman saat duduk dan juga berjalan dalam tempo yang cukup lama.

Kalau Anda bekerja di kantor dan duduk terlalu lama setiap hari, ada baiknya untuk melakukan peregangan dan banyak minum air putih. Setelah duduk selama 2-3 jam coba berdiri dan berjalan selama 5 menit. Dengan berjalan, ginjal tidak akan terlalu lelah bekerja.

Membiasakan minum air putih setiap hari

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan gangguan pada ginjal adalah jarang minum air. Nah, agar Anda terbiasa minum air putih setiap hari, lakukan beberapa tips di bawah ini.

  • Biasakan sejak bangun tidur atau saat akan tidur malam. Bangun tidur langsung dua gelas air agar lancar saat buang air besar. Selanjutnya saat malam hari, air digunakan untuk mencegah dehidrasi. Meski tidak melakukan apa-apa tidur selama 6-8 jam bisa menguras.
  • Minum air putih yang agak hangat. Kalau Anda minum air putih yang dingin perut akan susah menerimanya. Dampaknya Anda akan mual atau perut terasa sakit.
  • Jangan memikirkan total air yang akan diminum. Kalau memikirkan akan membuat Anda tidak mampu. Sediakan saja botol minum 750 ml. Kalau sudah habis isi lagi hingga 2-3 kali. Dengan menggunakan botol, Anda bisa minum dengan mudah.
  • Anda boleh menambahkan sesuatu ke air entah itu teh atau herba lainnya. Gula boleh ditambahkan asalkan tidak berlebihan. Dalam satu hari Anda hanya boleh mengonsumsi gula sebanyak 4 sendok teh.
  • Saat membiasakan diri dengan kebiasaan ini Anda tidak perlu memaksakan diri untuk memenuhi 1,5-2 liter per hari. Lakukan secara bertahap agar terbiasa dan tidak merasa terbebani.

Inilah beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan dari ginjal baik sebagian atau seluruhnya. Dengan mengatasi kebiasaan ini, organ penting ini akan bisa bekerja dengan aman sehingga Anda tidak perlu mengalami gagal ginjal yang membuat Anda melakukan cuci darah seumur hidup.