Terbit: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidak ada wanita mana pun yang berkenan cepat tua melebihi usianya. Karena itu, banyak wanita melakukan perawatan kecantikan. Tetapi, semua perawatan tersebut, bukan tidak mungkin akan percuma, jika Anda tetap melakukan kebiasaan-kebiasaan jelek berikut ini. Dilansir dari Top 10 Home Remedies, kebiasaan yang dapat membuat Anda cepat tua.

Tanpa Disadari, Kebiasaan Ini Membuat Anda Terlihat Cepat Tua

1. Merokok

Fakta bahwa merokok berbahaya untuk kesehatan tidak perlu lagi diragukan. Lebih jauh, rokok juga dapat mempercepat proses penuaan kulit Anda. Bahan kimia berbahaya dalam asap rokok secara kronis dapat menyebabkan warna kulit menjadi pucat dan tidak merata, bahkan dapat memicu kerusakan kolagen dan dapat menyebabkan kulit kendur dan longgar.

Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Dermatological Science melaporkan bahwa merokok menyebabkan penuaan kulit dipercepat. Kemudian, sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Plastic & Reconstructive Surgery menyoroti perubahan wajah yang disebabkan oleh rokok. Hasilnya, terdapat perbedaan antara perokok dan tidak.

2. Kelebihan Alkohol

Alkohol adalah diuretik alami, jadi ketika Anda minum berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi membuat Anda kehilangan kelembapan alami kulit, yang secara otomatis membuat Anda terlihat lebih tua. Kelebihan asupan alkohol menyebabkan berkurangnya nutrisi yang sehat dalam tubuh Anda, terutama vitamin A dan C. Sementara, vitamin dan antioksidan ini penting untuk menjaga kulit bersemangat dan lentur.

Asupan alkohol yang tinggi bahkan dikaitkan dengan kanker kulit. Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Cancer Causes and Control melaporkan bahwa asupan alkohol yang lebih tinggi saat dikaitkan dengan peningkatan risiko melanoma dan kanker kulit non-melanoma.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Terlalu Sering Stress

Kesibukan dan berbagai masalah di tempat kerja, bisa menyebabkan stress. Jika Anda tidak dapat mengatasinya hal tersebut dapat meningkatkan hormon kortisol Anda. Kortisol menyebabkan kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi. Stress akan membuat wajah tidak segar, cemberut dan sering mengernyitkan dahi, salah satu penyebab utama kerutan di wajah.

Sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam Journal of Behavioral Medicine menyoroti bahwa stress adalah penyebab umum dari banyak masalah kesehatan dan juga berkontribusi terhadap penuaan.

Menjaga hidup tetap sehat, dengan konsumsi makanan bernutrisi, serta menjauhi hal-hal yang dapat merugikan, tidak ada salahnya. Justru manfaat yang Anda dapat. Coba ubah mulai dari sekarang.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi