Kebiasaan Makan Siang Paling Tidak Sehat

doktesehat makanan dibatasi saat lebaran
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Sebagaimana waktu makan lainnya, waktu makan siang sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi makan siang, kita akan kembali mendapatkan energi untuk menjalani berbagai aktivitas. Jika kita sampai melewatkannya, maka kita tentu akan lebih rentan mengalami gangguan pencernaan atau lebih tertarik untuk mengonsumsi camilan tidak sehat yang tentu akan memicu kenaikan berat badan.

Sayangnya, banyak orang yang memilih untuk makan siang dengan cara yang tidak sehat. Sebagai contoh, karena malas memasak atau membawa bekal, banyak orang yang memilih untuk makan siang di luar rumah, tepatnya di warung atau restoran. Meskipun memiliki rasa yang lebih enak dan jenis makanan yang lebih variatif, pakar kesehatan menyebutkan bahwa makan di luar rumah tidak sesehat saat kita membawa bekal sendiri di rumah.

Makanan yang disediakan di restoran atau tempat makan lainnya belum tentu dijamin kebersihannya. Selain itu, dalam sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa meja restoran juga kaya akan bakteri dan kuman karena sering terkena tangan dari banyak orang atau terkena kotoran sisa makanan dan debu yang tentu bisa memicu masalah kesehatan.

Saat kita makan di luar rumah, kita juga akan cenderung lebih mementingkan rasa alih-alih memilih makanan yang sehat. Hal ini disebabkan oleh menu makanan di restoran yang tentu jauh lebih menggoda dibandingkan dengan makanan yang kita buat sendiri di dalam rumah. Padahal, hal ini bisa membuat kita mengalami kenaikan berat badan.

Makan di luar rumah juga membuat kita cenderung memilih untuk mengonsumsi minuman yang manis-manis seperti es teh, sirup, hingga minuman bersoda. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika sering mengonsumsi minuman manis bisa memicu kenaikan berat badan atau diabetes.

Melihat adanya fakta ini, selalu terapkan pola makan sehat kapanpun kita mengonsumsi makanan, termasuk saat makan siang agar tidak mudah mengalami masalah kesehatan.