Terbit: 20 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang pasti memiliki berbagai macam kebiasaan yang beraneka ragam. Kebiasaan tersebut bisa berupa kebiasaan baik hingga kebiasaan jorok.

3 Kebiasaan Jorok yang Justru Baik Bagi Kesehatan

Banyak yang mengatakan bahwa kebiasaan sangat sulit dirubah, apalagi dihilangkan. Padahal menurut penelitian, kebiasaan bisa dibentuk atau dirubah dalam kurun waktu 66 hari.

Bicara mengenai kebiasaan, sebenarnya setiap orang memiliki seluruh jenis kebiasaan tersebut, mulai dari kebiasaan baik hingga kebiasaan jorok. Namun, seringkali banyak yang menyangsikan dengan kebiasaan jorok. Menurut sebagian orang, ada beberapa kebiasaan jorok yang harus ditinggalkan karena tidak bermanfaat dan bisa mengganggu kesehatan.

Dilansir dari laman Bright Side, sebenarnya ada beberapa kebiasaan jorok yang umum dilakukan bisa memberi kesehatan bagi tubuh. Apa saja kebiasaan jorok tersebut? Berikut di antaranya:

1. Meludah

Meludah merupakan kebiasaan yang dianggap sebagai hal jorok oleh sebagian orang, apalagi jika meludah di tempat umum. Padahal, meludah sendiri memiliki sisi lain yang bermanfaat.

Salah satunya adalah melancarkan pernapasan, terutama saat sedang olahraga. Ketika sedang berolahraga, seseorang cenderung bernapas melalui mulut sehingga bisa meningkatkan produksi liur. Untuk membuangnya, disarankan agar sering meludah.

2. Kentut

Kentut memang sebuah kebiasaan yang sangat tidak sopan jika dilakukan saat bersama orang lain. Kentut sendiri tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Jadi, jika Anda ingin kentut, ada baiknya jangan menahannya, tapi pergi ke kamar mandi untuk segera mengeluarkannya. Sebab, kentut bisa mengurangi jumlah gas berlebih pada perut.

3. Mengupil

Banyak orang yang jijik dan risih ketika melihat orang lain mengupil. Padahal, hampir setiap orang memiliki kebiasaan ini. Mengupil bukanlah kebiasaan yang tidak baik, sebab mengupil bisa membuat hidung menjadi lebih bersih. Bahkan, disebutkan bahwa mengupil merupakan cara terbaik agar bakteri tidak masuk dan mengganggu pernapasan seseorang.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi