Sering Kita Lakukan, Kebiasaan Ini Bisa Picu Tipes

tipes-tifus-doktersehat

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang cenderung sering meningkat kasusnya saat musim hujan adalah tipes. Meskipun tidak selalu membuat penderitanya harus dirawat inap di rumah sakit, tetap saja tipes akan membuat badan lemas dan akhirnya membuat kita tak lagi bisa melakukan aktivitas dengan normal.

Beberapa kebiasaan penyebab tipes

Penyakit yang cenderung mudah ditularkan melalui makanan, minuman, atau kontak langsung dengan penderitanya ini ternyata seringkali disebabkan oleh kebiasaan buruk yang kita lakukan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa kebiasaan penyebab tipes yang sebaiknya kita hindari.

  1. Makan sembarangan

Jika kita makan atau jajan di tempat yang sembarangan dan tidak higienis, maka kemungkinan untuk terkena tipes akan meningkat. Hal ini disebabkan oleh bakteri penyebab penyakit ini, yakni salmonella typhi yang ternyata bisa ditemukan dalam makanan atau minuman yang kotor. Sebagai contoh, jika kita membeli makanan di penjual kaki lima yang sudah terpapar debu, kotoran, atau bahkan tidak diolah dengan baik, maka bisa jadi makanan dan minuman ini sudah memiliki bakteri penyebab tipes tersebut.

Hal yang sama akan terjadi jika kita tidak mengolah makanan yang berasal dari air seperti daging ikan dengan baik. Jika kita tidak memasaknya hingga benar-benar matang misalnya, maka berbagai bakteri akan tetap hidup dan masuk ke dalam tubuh kita. Salah satunya bisa jadi adalah bakteri penyebab tipes.

  1. Minum air yang kotor atau belum dimasak

Jika kita minum air yang kotor atau sudah terkontaminasi, maka bisa jadi kita akan memasukkan bakteri salmonella typhi ke dalam tubuh. Masalahnya adalah terkadang kita tidak tahu jika minuman yang kita konsumsi sudah terkontaminasi atau tidak. Sebagai contoh, jika kita membeli es atau minuman dingin, terkadang minuman ini menggunakan es batu yang dibuat dari air mentah. Es batu ini berpotensi masih memiliki bakteri berbahaya, termasuk bakteri penyebab tipes.

  1. Memakai toilet yang kotor

Jika kita memakai toilet yang kotor, khususnya toilet umum, ada kemungkinan tubuh akan terpapar bakteri salmonella typhi yang berasal dari orang lain. Karena alasan inilah kita sebaiknya memastikan diri untuk mencuci tangan atau beberapa bagian tubuh lain dengan sabun setelah menggunakan toilet demi mencegah penularan penyakit ini.

Beberapa gejala dari tipes yang wajib untuk diwaspadai

Gejala tipes tidak langsung muncul dengan parah. Terkadang, gejala ini terlihat ringan sehingga membuat kita menyepelekannya. Sebagai contoh, dalam satu minggu hingga satu bulan setelah kita terinfeksi bakteri salmonella typhi, maka kita akan mengalami gejala berupa munculnya demam atau ruam pada beberapa bagian tubuh seperti leher dan perut. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka kita akan mengalami gejala lanjutan seperti tubuh yang terasa lelah, mengeluarkan keringat, sensasi nyeri dan tidak nyaman pada otot, gangguan pencernaan seperti nyeri perut, sembelit, atau bahkan diare parah, menurunnya nafsu makan, dan munculnya sakit kepala.

Jika kondisi ini tak kunjung ditangani, bisa jadi tipes akan berlanjut menjadi sangat parah dengan gejala berupa perdarahan dalam. Biasanya kondisi ini akan membuat korban mengalami nyeri perut hebat, lelah, mual, dan muntah, kulit yang terlihat pucat, kotoran buang air besar yang berwarna gelap, hingga muntah darah. Selain itu, penderita tipes juga akan mengalami gejala seperti demam, sakit pada dada, dan gangguan pernapasan.

Mengingat tipes bisa saja mematikan jika tidak ditangani dengan baik, kita sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter jika mulai mengalami gejala-gejala awal dari penyakit ini agar tidak menjadi semakin parah.