Terbit: 2 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tanpa sadar, kita seringkali melakukan beberapa kebiasaan yang ternyata hal tersebut bisa merusak kuku, berdampak buruk pada kuku. Padahal, kuku yang cantik, juga bisa menjadi salah satu penunjang penampilan. Terlebih jika kita biasa berhubungan atau berkomunikasi dengan banyak orang. Seperti yang dilansir dari footffiles.com, berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak kuku Anda.

Kebiasaan Buruk yang Merusak Kuku

Photo Credit: flickr/ Lydia Pintscher

1. Memotong Kutikula

Kutikula adalah lapisan kulit tipis di bagian pangkal kuku. Menurut ahli manikur, Jin Soon Choi, kutikula yang rusak dapat membuat kuku rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur. Maka dari itu, mulai dari sekarang, jangan bermain-main dengan kutikula Anda. Biarkan begitu karena ia memiliki fungsi yang cukup penting.

2. Membiarkan Kuku Terlalu Panjang

Memanjangkan kuku, kerap menjadi pilihan bagi sebagian wanita. Kuku yang panjang, kerap membuat tampilan jari menjadi lebih manis. Namun, jangan juga terlalu panjang. Sebab kuku yang terlalu panjang, memiliki kecenderungan mudah tersangkut sesuatu lalu patah. Selain itu, kotoran bisa lebih banyak berdiam di kuku yang terlalu panjang, sehingga bisa menyebabkan kuku lebih rentan terhadap infeksi dan jamur. Merusak kuku ternyata bisa dari kebiasaan semudah ini ya.

3. Pola Makan dan Asupan

Makanan yang masuk dalam tubuh, memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kesehatan dan kecantikan. Begitu pula dengan kesehatan dan kecantikan kuku. Terlalu banyak minum kopi dan koktail (minuman beralkohol) dapat membuat permukaan kuku Anda kering serta rapuh. Mulai sekarang, perbanyak minum air putih agar kuku tidak dehidrasi. Ya. Kuku, rambut, kulit, bisa terkena dampak buruk jika Anda mengalami dehidrasi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

4. Menggunakan Cat Kuku dan Tidak Membersihkannya dalam Waktu Lama

Melihat kuku berwarna-warni, wanita mana yang tidak suka. Hanya, kebiasaan memakainya dalam waktu lama dan tidak dibersihkan, ternyata bisa berdampak buruk pada kuku Anda. Membiarkan cat kuku menempel lama-lama di atas kuku dapat menyebabkan keratin granulasi. Hal tersebut dapat menimbulkan bercak putih pada kuku dan berdampak buruk pada lapisannya. Selain itu, terlalu sering menggunakan cat kuku juga bisa membuat kuku menjadi rapuh, mudah patah dan warna aslinya memudar.

Kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak kuku tersebut semoga bisa mulai Anda kurangi. Semua demi kesehatan dan kecantikan kuku Anda, bukan siapa-siapa.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi