Terbit: 2 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rambut merupakan bagian tubuh yang juga memegang peranan penting dalam menciptakan penampilan. Tidak heran jika banyak dari Anda yang gemar melakukan styling pada rambut. Namun, tidak semua orang memiliki rambut yang sehat dan lebat. Tidak sedikit orang yang bermasalah dengan rambut yang kusam dan rusak. Kondisi yang demikian tentu saja membuat penampilan semakin kurang sempurna. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja penyebab rambut kusam dan rusak berikut ini.

Kebiasaan Buruk yang Membuat Rambut Anda Kusam dan Rusak

1. Terlalu Sering Menggunakan Catokan Rambut

Catokan rambut atau yang juga dikenal dengan hair straightener merupakan salah satu alat yang kerap digunakan untuk menciptakan rambut lurus. Catokan sendiri memanfaatkan energi panas untuk mengubah rambut menjadi lurus. Namun, pengaplikasian alat satu ini terlalu sering justru dapat merusak struktur rambut. dilansir dari laman Hair Extensions BFF, menggunakan catokan terlalu sering dengan suhu tinggi dapat merusak kutikula dan menyebabkan rambut menjadi kasar.

2. Menyisir Rambut

Banyak dari Anda yang mungkin berpendapat jika menyisir rambut dapat menstimulasi kesehatan kulit kepala dan rambut. Namun, hal tersebut juga dapat memicu rusaknya rambut yang membuatnya tampak kusam dan bertekstur kasar. Hal ini tergantung pada jenis sisir yang digunakan. Teaser brush bergigi rapat ternyata menjadi salah satu penyebab rusaknya rambut. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengganti sisir dengan jenis yang memiliki gigi berjarak renggang seperti bristled brush atau paddled brush. Selain itu, hindari menyisir rambut dalam kondisi basah.

3. Sering Mewarnai Rambut

Kebiasaan Anda mewarnai rambut terlalu sering ternyata juga dapat menyebabkan rambut kusam dan kasar. Hal ini lantaran kandungan bahan kimia di dalam cat rambut. Bahkan, sejumlah cat rambut mengandung bahan yang menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk membatasi pewarnaan rambut. Jika terpaksa, menggunakan pewarna rambut alami merupakan pilihan yang lebih baik.

Rambut yang kusam dan kasar tentu saja menjadikan penampilan kurang menarik. Apalagi, kondisi rambut yang demikian juga susah untuk diatur menjadi beragam gaya rambut yang stylish. Selain menggunakan produk khusus, tidak ada salahnya jika Anda mulai meninggalkan atau meminimalisir kebiasaan buruk sepert di atas.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi