Terbit: 26 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tak perlu putih berseri asal bersih dan sehat, kulit di bagian manapun akan terlihat cerah dan menyenangkan. Jika ada pepatah cantik itu sakit, kini Anda juga perlu kenal frase ini “cantik itu untuk Anda yang perhatian dan punya waktu.” Kenapa? Karena, kalau Anda tidak perhatian dan sering melakukan kebiasaan buruk ini, kulit akan terlihat kusam. Ayo, cek apakah Anda sering melakukan hal-hal ini?

Kebiasaan Buruk yang Membuat Kulit Kusam

Photo Credit: Flickr.Com/Kylle Aquino

1. Lupa Membersihkan

Membersihkan wajah setelah beraktifitas itu penting loh. Bayangkan saja, setelah seharian melewati banyak kegiatan, Anda pasti berkeringat, terkena panas, AC dan lain-lain yang membuat kulit jadi kering dan kusam. Ingat, selalu tidur dengan tubuh yang bersih ya.

2. Lupa Melembapkan

Terutama untuk Anda yang berkulit kering. Selalu memastikan kulit tetap lembab adalah hal penting. Banyak kok cara untuk tetap membuat kulit lembab, misalnya memakai lotion, body butter atau yang paling mudah, poin selanjutnya ini.

3. Tak Cukup Asupan Air

Cukupnya asupan air bisa membantu kulit jadi lebih lembab. Tahukah Anda kalau dehidrasi bisa mengurangi volume aliran darah ke kulit sehingga Anda terlihat pucat dan sakit? Menurut Dr. Janet Prystowsky dilansir dari Good House Keeping, cukup asupan air bisa mengurangi masalah kulit kusam jangka panjang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

4. Anda Sedang Stres

Stres juga bisa membuat kulit kusam, lho! Di sumber yang sama Dr. Luftman menyampaikan bahwa stres meningkatkan kortisol yang akan berdampak pada aliran darah pada kulit dan perbaikan kulit.

5. Jam Tidur yang Berkurang

Kurang tidur tidak hanya membuat kurang konsentrasi tapi juga membuat kulit terlihat kusam atau pucat pasi. Tidur merupakan waktu dimana tubuh memperbaiki, termasuk di dalamnya sel kulit juga memperbaiki serta regenerasi. Kalau kurang tidur, perbaikan jadi kurang maksimal juga bukan?

6. Tak Terlindungi di Area Berpolusi

Kalau tinggal atau sering berada di area berpolusi, pastikan untuk memberikan proteksi pada kulit. Misalnya dengan menggunakan masker wajah, jaket, sarung tangan atau kaos kaki. Yang tak kalah penting setelah mencegah adalah mengobati. Saat setelah aktivitas, pastikan untuk membersihkan diri secara rutin.

Tidak terlalu sulit bukan mencegah kulit terlihat kusam? Asal Anda perhatian dan meluangkan waktu, pasti bisa kok.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi