4 Kebiasaan Setelah Makan yang Membahayakan Kesehatan

kebiasaan-setelah-makan-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Setelah makan, setiap orang punya kebiasaannya masing-masing. Ada yang duduk diam sejenak sambil menghela napas, ada pula yang langsung melakukan kegiatan tertentu, misalnya merokok ataupun mengonsumsi buah-buahan yang sering disebut sebagai cuci mulut.

Umumnya, seseorang yang baru selesai makan, tidak bisa langsung diam. Tapi harus mencari makanan penutup, baik itu berupa camilan atau minuman rasa. Nah, tentu saja kita harus mengetahui apakah kebiasaan itu baik atau buruk untuk dilakukan.

Sebab, jika kita mengetahui efek buruk dan baiknya, tentu saja kita bisa melakukan yang terbaik bukan? Nah, agar lebih jelas berikut adalah beberapa kebiasaan yang tidak baik dilakukan setelah makan.

1. Merokok

Kebiasaan ini memang sangat banyak dilakukan oleh pria. Mereka mengatakan bahwa merokok setelah makan bisa meningkatkan kenikmatan rokok itu berkali-kali lipat. Bahkan, ketika tidak ada rokok setelah makan, mereka akan merasa hambar dan ada yang kurang. Padahal, merokok setelah makan bisa mencegah tubuh dalam penyerapan nutrisi makanan. Bahayanya lagi, senyawa kimia dan racun pada rokok akan masuk lebih cepat ke dalam tubuh.

2. Makan Buah dalam Jumlah Banyak

Perlu diperhatikan, kebiasaan makan buah sebenarnya adalah hal yang baik, asal dilakukan dengan benar. Cara yang benar adalah mengonsumsi buah beberapa saat setelah makan dengan porsi yang sedikit. Namun, jika Anda mengonsumsi buah segera dalam jumlah banyak, justru membuat perut akan kembung dan menjadi tak nyaman.

3. Minum Teh

Ketika Anda terbiasa minum teh setelah makan besar, maka kurangi kebiasaan itu dari sekarang. Sebab, ternyata teh juga bisa mencegah penyerapan zat besi. Akibatnya makanan yang Anda konsumsi tidak akan berdampak banyak bagi tubuh. Maka sebaiknya, setelah makan minum air putih terlebih dahulu.

4. Tidur

Tidak sedikit yang melakukan hal ini setelah makan. Sebab, perut yang kenyang membuat tubuh menjadi lebih berat sehingga lebih nikmat jika rebahan, sampai tertidur. Namun, jangan melakukan kebiasaan ini karena efeknya cukup membahayakan, yakni infeksi lambung.