Terbit: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap orang tua adalah panutan bagi anak-anaknya. Semua perilaku orang tua dapat berpengaruh besar bagi tumbuh kembang anak. Namun ternyata ada beberapa perilaku orang tua yang justru dapat menghambat tumbuh kembang anak. Beberapa di antaranya sering kita lakukan tanpa disadari lho Mom, apa saja?

Kebiasaan Buruk Ortu Ini Dapat Mengganggu Tumbuh Kembang Anak

Photo Credit: publimetro.pe

Kebiasaan buruk orang tua yang dapat menghambat tumbuh kembang anak

1. Memanjakan anak-anak
Semua orang tua pasti ingin memberi kemudahan bagi anak-anaknya. Namun kadang orang tua terlalu mudah memberi fasilitas pada anaknya sehingga membuat anak tidak mau bekerja keras memaksimalkan kemampuan dirinya. Biarkan anak merasakan gagal, atau jatuh agar anak belajar untuk bangkit. Ketika anak mengalami kekalahan, sampaikan bahwa kekalahan adalah hal yang biasa dan harus jadi penyemangat untuk berusaha lebih baik lagi.

2. Memuji berlebihan
Nah, ini juga merupakan salah satu kebiasaan orang tua yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak. Tentu orang tua juga perlu memberi pujian pada anak-anak, namun berikan pujian yang sesuai dan tidak berlebihan. Selain itu pujilah atas apa yang ia lakukan, bukan karena ia “cantik” atau “tampan”.

Menurut sebuah penelitian, anak-anak usia 1-3 tahun yang sering dipuji karena usaha yang mereka lakukan, ketika dewasa dapat tumbuh menjadi anak yang memiliki motivasi hidup lebih baik dan jadi pekerja keras.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

3. Bertengkar dengan pasangan
Jika Anda pernah mendengar nasihat orang tua untuk tidak bertengkar di depan anak, nasihat tersebut ada benarnya. Setiap pasangan wajar jika memiliki masalah, namun seburuk apa pun permasalahan, sebaiknya tidak diperlihatkan di depan anak. Selesaikan masalah Anda di ruangan yang terpisah sehingga anak tidak dapat melihat pertengkaran Anda dengan pasangan.

4. Memiliki gaya hidup yang tidak sehat
Jika Anda ingin anak-anak hidup sehat, sebaiknya jauhkan gaya hidup tidak sehat seperti merokok, minum alkohol dan sebagainya. Saat ini banyak anak yang merokok sejak usia SD karena sudah terbiasa melihat pemandangan tersebut di lingkungan rumahnya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi