Terbit: 15 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh akan menyesuaikan diri dengan mengikuti aktivitas yang dijalankan. Misal, tubuh jadi terbiasa bangun dini hari karena kita harus makan sahur. Selanjutnya, tubuh juga harus kekurangan energi di siang hari karena kita tidak makan. Terakhir, tubuh juga harus mau diajak untuk tidur dengan durasi waktu lebih sedikit.

7 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihilangkan Jelang Puasa Ramadan

Dengan perubahan jadwal dan gaya hidup yang cukup drastis di bulan puasa, Anda diharuskan mampu menyesuaikan diri dengan cepat. Agar puasa yang dijalani lancar, Anda juga disarankan untuk mengubah tujuh kebiasaan buruk yang sering dilakukan berikut ini.

  1. Sering begadang

Beberapa dari kita sering tidur larut malam hingga dini hari. Kebiasaan ini akan sangat mengganggu begitu bulan puasa tiba. Karena kita harus sahur, tidur diharapkan bisa dimulai kurang dari pukul 24.00 atau akan lebih baik sekitar pukul 21.00.

Kalau Anda sering begadang hingga dini hari, kesempatan untuk menyantap makanan sahur akan kecil. Selain itu, saat siang hari Anda akan sering lemas karena kurang tidur dan makanan yang masuk tidak banyak. Hal ini akan semakin buruk kalau Anda tidak sahur karena kelewat dan tidak bangun.

  1. Mengonsumsi minuman berkafeina

Bagi beberapa orang, kopi adalah kehidupan. Kalau pagi hari belum diisi dengan kopi tubuh jadi tidak semangat sehingga kerja pun tidak bisa konsentrasi dengan maksimal. Saat puasa tiba Anda disarankan untuk tidak terlalu banyak minum kopi khususnya saat sahur.

Minum kopi akan membuat Anda jadi susah tidur. Beberapa orang juga kerap alami pusing saat siang karena kecanduan kopi. Sejak awal puasa coba kurangi atau hindari kopi. Dengan begitu Anda akan mudah tidur, mudah mengistirahatkan pikiran, dan tidak gampang marah.

  1. Sering makan pedas

Sering makan pedas tidak baik untuk kesehatan tubuh khususnya saat puasa. Saat seharian lambung tidak diisi makanan, asam yang ada di sana akan meningkat. Kalau saat berbuka puasa diisi dengan makanan pedas, lambung bisa bergejolak dan menyebabkan Anda jadi sakit perut. Hal senada juga akan terjadi kalau Anda makan pedas saat sahur.

  1. Tidak minum air secara teratur

Saat sedang tidak puasa Anda bebas minum air putih saat siang hari. Saat puasa Anda hanya bisa minum saat sahur, berbuka, dan sebelum tidur. Meski hanya ada tiga waktu, dalam satu hari harus masuk 8 gelas air.  Kalau sampai Anda tidak minum air secara teratur, tubuh akan alami dehidrasi akut.

  1. Sering makan gorengan dan sesuatu yang manis

Gorengan memang nikmat, apalagi saat dimakan selagi hangat. Kalau Anda tetap makan gorengan saat puasa, tubuh akan menyimpan banyak sekali lemak. Hal senada juga terjadi kalau Anda sering makan sesuatu yang manis. Pertumbuhan lemak di dalam tubuh bisa terjadi karena saat puasa kita cenderung pasif dan jarang olahraga.

  1. Tidak olahraga

Tidak olahraga akan membuat tubuh jadi lemas dan tidak semangat. Kondisi ini akan semakin buruk saat bulan puasa tiba. Untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar dari pagi hingga malam, Anda tetap disarankan untuk berolahraga rutin khususnya sehabis sahur, sebelum berbuka puasa, dan sesusah berbuka puasa.

  1. Merokok saat senggang

Tidak merokok seharian selama puasa pasti membuat beberapa orang jadi pusing. Agar saat puasa tidak terjadi gangguan, mulai sekarang coba kurang atau setop rokok. Biarkan tubuh mendapatkan kondisi terbaiknya untuk menjalani puasa Ramadan dari awal hingga akhir.

Nah, sudah siapkah Anda menyambut puasa tahun ini?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi