Terbit: 5 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat baru bangun tidur, apa kebiasaan yang langsung Anda lakukan? Biasanya, setiap orang tentu memiliki kebiasaan yang berbeda di saat baru bangun tidur, ya.

4 Kebiasaan Baik saat Baru Bangun Tidur yang Buat Tubuh Fresh & Super Sehat!

Akan tetapi, beberapa kebiasaan ternyata sangat bermanfaat jika dilakukan di pagi hari, apalagi saat baru bangun tidur.

Penasaran apa saja kebiasaan saat baru bangun tidur yang bisa Anda lakukan? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Mengapa saat baru bangun tidur menjadi waktu untuk membentuk kebiasaan yang baik?

Saat baru bangun tidur, tubuh memiliki kondisi yang berbeda dengan waktu-waktu lainnya. Hal ini disebabkan:

  • Tubuh baru aktif pasca lebih dari 7-8 jam beristirahat
  • Kondisi metabolisme secara umum serta pencernaan juga baru aktif
  • Kondisi keasaman tubuh masih netraldoktersehat-kurang-tidur-ngantukKetiga hal tersebut, harus kita manfaatkan untuk membentuk beberapa kebiasaan baik yang sangat terdukung dengan kondisi tubuh yang masih baru aktif dan netral.

Lantas, apa saja hal yang bisa kita biasakan di pagi hari?

Berikut beberapa jenis hal atau kebiasaan yang baik dilakukan di pagi hari:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

1. Berkemih atau buang air

Setelah 7-8 jam beristirahat, tubuh Anda pasti akan mengeluarkan zat sisa metabolisme atau pencernaan.Untuk itu, segera mengeluarkan zat sisa tersebut dengan berkemih atau buang air merupakan kebiasaan yang baik.

Hal ini akan membuat tubuh berada pada kondisi yang netral dan optimal, karena zat sisa tubuh telah di buang dan kondisi metabolisme dan pencernaan tubuh tidak berat untuk memulai hari.

Selain itu, terlalu lama menahan zat sisa dalam tubuh juga bukan kebiasaan yang baik karena zat sisa dalam tubuh ditahan lebih lama dan bisa memengaruhi fungsi metabolisme dan pencernaan tubuh lainnya.

2. Menimbang berat badan

Kapan biasanya Anda menimbang berat badan? Berbagai panduan kesehatan dan gizi kerap menyebutkan bahwa waktu paling tepat saat menimbang berat badan adalah setelah bangun tidur, khususnya setelah kita berkemih atau buang air.

Pada kondisi ini, tubuh masih baru aktif, sehingga tubuh masih netral dan belum banyak terpengaruh asupan makanan maupun aktivitas fisik.

Hal ini sama dengan pengukuran kondisi fisik lain, misalnya tekanan darah atau gula darah, utamanya gula darah puasa.

3. Minum air putih

Apa minuman yang pertama kali Anda konsumsi di pagi hari? Meskipun memang ada berbagai jenis minuman yang super nikmat dan sehat di pagi hari, akan lebih baik jika Anda membiasakan mengonsumsi air putih terlebih dahulu ketika baru tidur. Mengapa?

Setelah beristirahat lebih dari 7-8 jam serta berkemih dan buang air, tubuh memerlukan asupan cairan karena tubuh rentan mengalami dehidrasi.

Air putih adalah minuman yang mampu mengihdrasi tubuh dengan cepat, sehingga cocok dengan kebutuhan tubuh saat baru bangun tidur. Hindari memilih air putih bersuhu dingin, karena akan memperberat kerja pencernaan dan membuat tubuh menjadi mudah lemas.

4. Mengonsumsi camilan atau minuman yang bersifat netral

biskuit_doktersehat_2

Photo Source: Flickr/j-k-mitchell

Lapar saat baru bangun tidur tentu adalah hal yang normal, karena pencernaan sedang kosong.

Membiasakan tubuh mengonsumsi camilan atau minuman yang super sehat dan netral, tidak asam, pedas atau tidak membuat pencernaan terpengaruh, merupakan kebiasaan yang baik.

Anda bisa tetap mengonsusi camilan untuk memenuhi kebutuhan gizi awal hari, tanpa membuat pencernaan menjadi terganggu.

Beberapa camilan atau minuman yang bisa Anda pilih di pagi hari antara lain, biskuit gandum, kacang-kacangan, buah yang tidak asam, sayuran yang tidak bergas, dan minuman rempah atau jus buah.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi