Tips Menjaga Rambut Anak Agar Tetap Wangi Sepanjang Hari

doktersehat anak bungsu manja
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Bagi sebagian besar orang, kesehatan rambut sangatlah penting. Sebab, rambut merupakan bagian penting dari bagian tubuh yang bisa menunjang penampilan. Oleh sebab itu, kebersihan rambut haruslah dijaga, terutama agar rambut tetap wangi.

Mungkin bagi orang dewasa, menjaga kebersihan rambut agar tetap wangi sangatlah mudah. Namun, bagaimana dengan anak-anak? Seperti yang kita tahu bahwa anak-anak sangat aktif bergerak, sehingga mengeluarkan banyak keringat. Akibatnya, rambut mereka menjadi lepek dan bau.

Walaupun tidak mudah, tapi kita sebagai orangtua harus bisa mengajarkan kepada mereka bagaimana cara menjaga kesehatan dan kebersihan rambut sejak dini. Oleh karenanya, berikut adalah beberapa cara agar rambut anak tetap wangi sepanjang hari, diantaranya:

1. Ajari Anak Membersihkan Rambut Secara Rutin

Mengajarkan kebersihan kepada anak memang tidak mudah, khususnya kebersihan seluruh anggota tubuh termasuk rambut. Anak-anak senang sekali bermain yang bisa menyebabkan kulit kepala mereka mudah berkeringat. Keringat tersebut harus dibersihkan secara rutin agar tidak menimbulkan masalah rambut anak berbau tidak sedap. Selain itu, juga bisa menyebabkan kulit kepala gatal dan tentu saja anak akan tidak merasa nyaman.

2. Gunakan Sampo yang Tepat

Kulit kepala anak tidak sama seperti kulit kepala orang dewasa. Kulit kepala anak cenderung lebih sensitif sehingga tidak boleh menggunakan produk rambut sembarangan. Agar rambut anak tetap wangi sepanjang hari, cobalah untuk memilih sampo yang tepat, misalkan sampo yang memiliki aroma alami seperti buah-buahan. Tidak lupa pula untuk memilih sampo yang mengandung bahan lembut. Hal ini bertujuan agar mata anak tidak mengalami iritasi saat busa masuk ke mata.

3. Hindari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari juga bisa membuat rambut anak menjadi apek menjadi bau. Tidak hanya itu, paparan sinar matahari langsung ke kepala anak juga bisa menyebabkan rambut mudah kering, berubah warna, dan mudah rontok. Melihat dampak buruk yang akan ditimbulkan oleh paparan sinar matahari tersebut, lantas bukan berarti Anda harus membatasi ruang gerak anak di luar ruangan. Untuk mengatasinya, Anda harus memilih sampo yang benar, yakni sampo yang bisa melindungi rambut dari paparan sinar matahari.