Terbit: 2 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Manfaat wortel untuk mata bukan lagi rahasia. Banyak penelitian telah membuktikannya. Tetapi, bagaimana dengan manfaat wortel untuk kulit? Benarkah ada, atau sekadar mengada-ada?

Keajaiban Manfaat Wortel untuk Kulit Anda

Photo Credit: Flickr.com/ Leo-setä

Pada dasarnya, semua jenis sayuran memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, begitu pula dengan wortel. Kandungan nutrisi dalam wortel bagus untuk kesehatan secara keseluruhan, terutama bagian mata. Dan ternyata, hal yang perlu kita ketahui bersama sebagai kaum wanita adalah, wortel juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Setidaknya, inilah keajaiban wortel untuk kulit seperti yang dilansir dari situs goodhealthall.com.

1. Membuat kulit bersinar

Kandungan Vitamin C dan antioksidan dalam wortel adalah yang berperan penting dalam membuat kulit Anda menjadi lebih bersinar. Antioksidan dapat membantu mengembalikan cahaya pada kulit wajah. Untuk merasakan manfaatnya, buat masker dari wortel dengan cara diparut halus lalu campurkan dengan madu. Diamkan masker tersebut selama beberapa waktu, lalu bilas dan keringkan.

2. Sebagai antiaging

Disebutkan dalam goodhealthall.com, kandungan Vitamin A dan C dalam wortel bersifat antioksidan sehingga bisa membantu menghambat proses penuaan. Antioksidan yang ada dalam wortel bisa melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Mengonsumsi atau menggunakan wortel sebagai masker dapat membantu mencegah kerutan pada wajah, serta mengatasi warna kulit wajah yang tidak merata.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Bagus untuk kulit kering

Anda pemilik kulit kering? Mulai sekarang rajin-rajinlan mengonsumsi wortel. Kandungan kalium di dalam wortel, dapat memenuhi kebutuhan kalium Anda. Ini sebuah keuntungan, sebab kulit yang kekurangan kalium, akan cenderung kering. Sehingga, bila kebutuhan kalium Anda terpenuhi dengan baik, kulit tidak akan menjadi kering. Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsinya langsung atau rendam wortel yang sudah dikupas ke dalam minyak kelapa murni dalam botol kaca. Biarkan terkena matahari selama dua sampai tiga hari. Setelah itu, saring dan Anda bisa menggunakannya untuk melembapkan kulit.

Bagaimana? Manfaat wortel di atas, bisa mengubah pikiran Anda kepada sayuran yang satu ini? Yang terpenting, perhatikan juga porsi makan, karena terlalu banyak mengonsumsi wortel juga bisa berdampak buruk pada kesehatan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi