Terbit: 12 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Belakangan, kolagen memang cukup populer di kalangan produk kecantikan. Khasiatnya dipercaya dapat mengembalikan kemudaan kulit. Padahal, nyatanya banyak dari kita yang bahkan tidak tahu apa itu kolagen. Kebanyakan orang hanya tahu bahwa zat ini bisa membantu memperbaiki kulit agar tampak awet muda. Lalu apa itu kolagen?

Keajaiban Kolagen, Produk yang Bisa Mengubah Kulit

Photo Credit: pexels.com

Dilansir dari The Fashion Sport, kolagen adalah protein dalam tubuh yang menjadi salah satu komponen utama dalam kulit. Kolagen berperan untuk menyatukan dan menguatkan jaringan kulit. Tanpanya, kulit akan terlihat kendor dan keriput.

Namun tentu saja, seiring dengan bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang. Hal inilah yang menyebabkan kondisi kulit manusia semakin kendor dan kurang kencang seiring bertambahnya umur. Tak hanya kulit yang semakin keriput, kurangnya kolagen juga menyebabkan pori-pori semakin terlihat besar.

Untungnya, saat ini ahli kecantikan sudah banyak mengembangkan produk yang membantu meningkatkan kandungan kolagen dalam kulit. Selain ditambahkan dalam berbagai produk kecantikan, ada pula suplemen maupun krim kolagen yang dapat membantu kulit lebih kencang dan kenyal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Paula Begoun, founder and kreator Paula’s Choice Skincare juga mengungkapkan bahwa kolagen dalam produk kecantikan diperoleh dari bahan sintetis, hewan, maupun tanaman. Semuanya telah melalui berbagai proses dan uji klinis.

Nyatanya, kolagen tak cukup hanya ditambahkan dalam produk kosmetik. Belakangan, ahli telah mengembangkan cara cepat mendapatkan kulit cantik. Ada produkkhusus yang di dalamnya berisi kolagen alami untuk mempercepat regenerasi kulit.

Kini, produk macam itu sudah tersedia di pasaran dengan berbagai macam brand. So, sudah siapkah kamu memiliki kulit kenyal dan halus dengan produk kolagen? Jangan lupa konsultasi dengan dokter kecantikan ya, agar hasilnya aman dan sesuai harapan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi