Terbit: 3 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagaimana kita ketahui, salah satu penyebab munculnya diabetes adalah kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis dengan berlebihan, hal ini bisa memicu kenaikan kadar gula darah dengan signifikan atau bahkan masalah pada pankreas sehingga bisa menjadi awal mula dari penyakit yang bisa menyebabkan komplikasi berbahaya ini.

Apakah Kayu Manis Bisa Memicu Diabetes?

Karena namanya memiliki embel-embel manis, kayu manis yang kerap kita pakai sebagai bahan campuran makanan pun dikhawatirkan bisa memberikan dampak yang sama, namun, menurut pakar kesehatan Dr. Josh Axe, kayu manis justru bisa menjadi pencegah datangnya diabetes.

Dilansir dari Daily Star, di dalam kayu manis terdapat nutrisi yang justru mampu membuat sensitivitas insulin pada tubuh dan mendukung kinerja pankreas. Kandungan ini mampu membatasi enzim bernama alanines, enzim yang digunakan darah dalam menyerap gula.

Tatkala enzim ini diblok kinerjanya, maka kandungan glukosa yang masuk ke dalam sirkulasi darah akan menurun. Hal ini berarti, meskipun makanan yang kita konsumsi sebelumnya memiliki kandungan gula darah yang cukup tinggi, ada kemungkinan besar kita tidak akan mengalami lonjakan kadar gula darah yang berimbas pada munculnya diabetes.

“Kayu manis memiliki efek anti diabetes. Rempah lain yang memiliki efek yang sama adalah kunyit. Keduanya mampu menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah,” ucap Dr. Axe.

Melihat adanya fakta ini, jangan ragu untuk sering-sering mengonsumsi kayu manis dengan porsi yang tepat demi mencegah diabetes. Hanya saja, pastikan pula untuk menerapkan gaya hidup yang sehat seperti selalu makan dengan kadar gizi yang seimbang, rajin berolahraga, tidur cukup, dan menghindari berbagai hal tidak sehat seperti rokok dan alkohol.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi