Ajaib! Kanker Stadium 4 Nenek Ini Sembuh dengan Rebusan Kayu Bajakah

kayu-bajakah-obat-kanker-doktersehat

DokterSehat.Com– Belakangan ini informasi tentang kayu bajakah dicari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh ditemukannya obat kanker dengan menggunakan bahan alami ini oleh siswa SMA N 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Sebenarnya, apakah kayu bajakah memang bisa menyembuhkan kanker? Berikut adalah fakta-fakta terkait dengan kayu ini.

Rebusan Kayu Bajakah Jadi Resep Turun-temurun Keluarga Yazid

Sebelum dikenal sebagai obat kanker yang ditemukan para siswa SMA N 2 Palangkaraya, kayu bajakah sebenarnya sudah dikenal sebagai obat alami bagi Suku Dayak yang ada di Kalimantan. Keluarga Yazid, salah satu siswa yang menemukan obat kanker tersebut juga mempercayai hal ini.

Sebagai informasi, nenek Yazid disebut-sebut bisa sembuh dari kanker payudara berkat mengonsumsi kayu bajakah. Padahal, sekitar 40 tahun lalu, kondisi kanker payudara yang diderita sang nenek sudah sangat parah dan membuat keluarga sampai pasrah. Bagaimana tidak, kanker ini bahkan sampai membuat tubuh sang nenek mengeluarkan nanah.

Karena keterbatasan biaya, ayah Yazid, Daldin, dan anggota keluarga lainnya memilih untuk tidak mengoperasi sang nenek. Mereka justru memilih untuk mencari kayu bajakah di hutan yang ada di kawasan Kuala Gurun, Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Kayu bajakah ini kemudian direbus dan air rebusannya dikonsumsi oleh nenek Yazid sebagai pengganti air putih.

Setelah satu bulan selalu mengonsumsi air rebusan kayu bajakah, kondisi kanker yang diderita sang nenek mereda. Luka bernanah yang sebelumnya terus muncul kemudian mengering. Bahkan, saat diperiksakan kembali ke dokter, dinyatakan bahwa kanker yang diderita sang nenek telah benar-benar sembuh.

Orang tua Yazid awalnya merahasiakan hal ini karena takut kayu bajakah nantinya akan dieksploitasi dan akhirnya habis dan merusak hutan, namun karena ingin membantu orang lain yang menderita kanker, Yazid meminta ayahnya menceritakan kisah ini ke guru pembimbing Yazid di sekolah demi melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan manfaat bahan alami ini.

Tanaman Bajakah dari Kalimantan Viral Setelah Juara Dunia di Korea

Yazid, guru pembimbingnya, dan rekan-rekan di sekolahnya kemudian melakukan penelitian bekerja sama dengan laboratorium dari Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Hasilnya adalah, kayu bajakah memang tinggi antioksidan dan bisa membantu menyembuhkan kanker.

Yazid dan rekan-rekannya kemudian membuat penelitian yang melibatkan tikus percobaan dengan menggunakan kayu bajakah. Hasilnya adalah, penelitian yang menghasilkan obat kanker ini mampu menjuarai perlombaan tingkat nasional yang diadakan di Bandung dan lomba internasional di Seoul, Korea Selatan.

Keberhasilan Yazid dan rekan-rekannya dalam meraih medali emas dan juara dunia dalam kategori Life Sains ini kemudian membuat kayu bajakah viral. Banyak warga yang langsung menghubungi mereka untuk mendapatkan kayu bajakah.

Kandungan Tanaman Bajakah Kaya Antioksidan

Ahmad Fathoni yang berasal dari Laboratorium Kimia Bahan Alam Pusat Penelitian Biologi LIPI menyebut kayu bajakah memang memiliki senyawa antioksidan aktif yang cukup melimpah.

Tanaman bajakah mengandung senyawa ini yang bermanfaat bagi kesehatan:

  • Fenolik
  • Tanin
  • Alkaloid
  • Saponin
  • Alkaloid
  • Terpenoid
  • Steroid

Kandungan di dalam kayu bajakah tersebut memang bisa menangkal radikal bebas dan melawan kanker.

Di sisi lain, Fathoni juga menyebut diperlukan penelitian lebih lanjut demi memastikan bahwa senyawa antioksidan aktif ini bisa benar-benar diserap oleh tubuh sehingga kita bisa mendapatkan manfaat kesehatannya dengan maksimal.

“Kami harapkan ada studi lebih lanjut pada tanaman bajakah sebagai obat anti kanker sehingga bisa dikonsumsi dengan aman, terjaga khasiatnya, dan memiliki kualitas tinggi. Kita juga harus memastikan bahwa kayu bajakah ini tetap terjaga kelestariannya,” ucap Fathoni.