Terbit: 4 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi daging merah secara rutin bisa meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya seperti gagal jantung, penuaan dini, hingga Alzheimer. Bahkan, penelitian terbaru dari Inggris menyebutkan bahwa kaum hawa sebaiknya tidak sering-sering mengonsumsi daging merah karena bisa memicu sejenis kanker usus besar yang mematikan.

Kaum Hawa Suka Makan Daging Merah? Waspadai Penyakit Ini

Dikutip dari Medical Daily, sebuah paper berjudul Common Dietary Patterns and Risk of Cancers of the Colon and Rectum: Analysis from the United Kingdom Women’s Cohort Study dipublikasikan dalam International Journal of Cancer pada 1 April 2018 lalu. Paper ini ditulis berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Leeds tentang kaitan risiko kanker usus besar dengan diet tertentu.

Hasil dari penelitian ini adalah, konsumsi daging merah secara rutin akan meningkatkan sejenis kanker usus besar yang ada di bagian distal, bagian paling akhir dari usus besar yang ada di bagian kiri tubuh dan terkait dengan bagian anus.

Dr. Diego Rada Fernandez de Jauregui, pemimpin penelitian ini, menyebutkan bahwa hasil penelitian ini bisa menjadi petunjuk bagi orang-orang dengan riwayat keluarga memiliki kanker usus besar dan sedang ingin melakukan berbagai hal untuk mencegah penyakit ini datang.

Sebagai informasi, penelitian yang mengambil data dari United Kingdom Women’s Cohort Study yang terdiri dari 32.147 wanita yang berasal dari Inggris, Wales dan Skotlandia ini menghasilkan fakta bahwa terdapat 462 kasus kanker usus besar yang muncul selama penelitian. Sebanyak 119 kasus kanker usus besar-distal kebanyakan muncul dari wanita yang suka mengonsumsi daging merah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Janet Cade, pakar kesehatan dari Public Health at the School of Food Science and Nutrition di Leeds yang juga terlibat dalam penelitian ini menyebutkan bahwa pola makan memang sangat berpengaruh dengan risiko datangnya penyakit tertentu, termasuk kanker.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak sering-sering makan daging merah agar tidak mudah terkena kanker.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi