Ingin Latihan Kebugaran? Simak Dulu 4 Kategorinya Berikut ini

latihan-kebugaran-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Kebugaran seringkali disebut sebagai kemampuan serta daya tahan fisik seseorang dalam melangsungkan aktivitas sehari-hari. Semakin baik tingkat kebugaran seseorang, maka semakin lancar pula aktivitas yang dilakukan tanpa hambatan. Sebab, kebugaran sangat berkaitan dengan kesehatan dan kemampuan tubuh dalam bergerak sebagaimana mestinya.

Untuk mendapatkan kebugaran, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Namun, ada satu cara yang sangat umum dan terpercaya, yakni mengikuti latihan kebugaran, seperti senam, fitnes, dan sebagainya. Biasanya, sebagai pemula tidak akan mengetahui bahwa ternyata kebugaran memiliki kategori tersendiri untuk latihannya.

Agar lebih jelas, berikut adalah 4 kategori dalam kebugaran yang perlu Anda ketahui:

1. Latihan Kekuatan

Dalam dunia kebugaran, ada satu kategori yang cukup penting, yakni kekuatan. Latihan ini berhubungan langsung dengan kekuatan serta kemampuan otot dalam menahan beban. Hal tersebut dilakukan sebagai pengukur seberapa kuat otot yang Anda miliki sehingga dalam proses latihan tidak menimbulkan risiko cidera. Semakin baik kemampuan otot Anda, maka akan semakin baik pula efeknya pada kebugaran.

2. Latihan Keseimbangan

Untuk kategori yang satu ini, biasanya ditentukan dengan berat badan Anda. Sebab, bagaimanapun juga keseimbangan harus bertumpu pada berat badan serta gravitasi bumi. Jika Anda memiliki tubuh yang ideal, maka keseimbangan akan mudah didapatkan. Untuk itu, jika Anda memiliki berat badan berlebih, ada baiknya untuk fokus pada latihan keseimbangan karena sebagian besar tekniknya untuk menurunkan berat badan.

3. Latihan Kelenturan

Latihan kelenturan atau fleksibilitas dilakukan untuk membuat seluruh otot yang kaku menjadi lebih lemas. Adapun manfaatnya adalah membuat tubuh menjadi tak mudah pegal akibat aktivitas yang memerlukan banyak gerakan. Hampir seluruh cabang olahraga memerlukan kelenturan, sebab dengan tubuh yang lentur akan menjadi mudah dalam semua gerakan.

4. Latihan Kelincahan

Lincah bisa diartikan tubuh Anda gesit, cepat, dan tangkas. Biasanya, pada latihan kelincahan Anda akan diarahkan untuk dapat berpindah-pindah tempat atau berpindah gerakan dengan waktu yang cepat. Adapun teknik dalam latihan kelincahan seperti zig-zag, loncat, berlari, dan beberapa teknik yang mengandalkan kecepatan gerak lainnya.