Terbit: 15 Februari 2018 | Diperbarui: 27 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setelah melahirkan, Anda tentu ingin berbagi kebahagiaan dengan keluarga dan teman-teman Anda. Kadang orang-orang yang menjenguk akan sering menciumi bayi Anda. Meskipun hal tersebut merupakan ekspresi kebahagiaan, namun tahukah Anda bahwa ciuman pada bayi bisa menularkan penyakit berbahaya?

Kasihan, Bayi Ini Tertular Herpes Akibat Dicium Tamu

Photo Credit: sg.theasianparent.com

Dilansir dari laman theasianparent, Amy Stinson mengunggah foto Oliver, bayinya yang berusia 14 bulan dipenuhi ruam merah dan lepuhan di bagian kaki. Amy mengira bahwa anaknya terkena cacar air namun diagnosis dokter menyatakan bahwa Oliver mengidap Herpes. Oliver pun harus menjalani perawatan khusus di rumah sakit selama beberapa hari.

Tak ingin kejadian yang menimpa anaknya terulang pada anak yang lain, Amy mengimbau orang dewasa untuk tidak sembarangan mencium bayi yang baru lahir. “Oliver sekarang mengidap herpes dan harus berjuang melawannya seumur hidupnya. Pikir lagi sebelum kamu ingin mencium bayi,” tulis Amy dalam unggahan foto tersebut.

Peristiwa ini bukan pertama kalinya terjadi. Tahun 2015, Claire Henderson mengunggah foto bayinya, Brooke, di laman Facebook dan mengatakan bahwa Brooke tertular herpes setelah ia dicium oleh tamu yang juga mengidap herpes.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Ada dua jenis virus herpes, yaitu HSV-1 dan HSV-2. HSV-2 umumnya menyerang bagian kelamin atau yang sering disebut herpes genital, sedangkan HSV-1 biasanya menyerang bagian badan pinggang ke atas hingga di sekitar mulut.

Menurut laporan WHO, sekitar 67 % orang di dunia menderita virus HSV-1. Yang perlu diwaspadai, orang yang mengidap virus HSV-1 umumnya tidak mengetahui bahwa ia tertular virus tersebut karena virus ini tidak menunjukkan gejala khusus. Salah satu gejala tertular HSV-1 yang sering terjadi adalah muncul luka seperti bintik-bintik yang melepuh di badan.

Bayi berusia di bawah tiga bulan rentan pada virus herpes karena mereka belum memiliki sistem kekebalan yang baik. Herpes merupakan penyakit yang harus menjalani perawatan seumur hidup. Pada bayi, herpes dapat memengaruhi otak, mata dan organ lain, serta dapat menyebabkan cacat dan kematian.

Bagi ibu yang baru saja melahirkan, jangan segan untuk melarang orang yang sedang sakit untuk mencium bayi Anda. Pastikan tamu-tamu Anda dalam kondisi sehat dan bersih saat menjenguk bayi Anda untuk menghindari penularan penyakit.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi