Latihan Kardio yang Bisa Menyempurnakan Proses Diet

lari-doktersehat
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Dalam upaya menurunkan berat badan, diet saja tidak cukup tanpa diimbangi dengan olahraga. Sebab, olahraga memberikan manfaat yang luar biasa pada tubuh Anda saat proses diet berlangsung. Adapun maanfaatnya adalah mampu membakar kalori di dalam tubuh, membentuk otot-otot tubuh, mengencangkan tubuh, dan masih banyak lainnya.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan. Akan tetapi, salah satu jenis olahraga yang paling banyak digemari adalah latihan kardio. Berikut ini adalah beberapa jenis latihan kardio yang bisa menyempurnakan proses penurunan berat badan Anda.

1. Senam

Jenis latihan kardio ini paling banyak disukai oleh wanita. Biasanya mereka melakukannya di kelas senam yang berisikan banyak orang, sehingga terlihat sangat menyenangkan. Senam bisa membakar kalori cukup banyak karena mengandalkan gerakan seluruh tubuh yang diiringi oleh musik. Jika Anda menyukai gerakan cepat dengan diiringi tempo musik cepat, Anda bisa mencoba senam zumba. Namun, jika Anda ingin melakukan gerakan dan tempo musik yang stabil, Anda bisa mencoba aerobik.

2. Berenang

Berenang selama 60 menit dapat membakar 500 kalori. Itu artinya, berenang bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Untuk membakar kalori dengan cepat saat berenang, cobalah untuk melakukan gaya-gaya renang seperti gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada.

3. Lari

Jenis latihan kardio inilah yang paling mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengayunkan kaki dengan tempo sedikit lebih cepat. Selain itu, lari juga tidak memerlukan biaya. Anda hanya cukup berlari mengitari taman atau kompleks rumah. Walapun mudah dilakukan, lari bisa membantu Anda menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin. Tidak hanya itu, dengan berlari Anda juga meratakan perut, mengecilkan betis dan baha, dan membentuk otot-otot pada kaki.

4. Bersepeda

Jika selama ini Anda beraktivitas menggunakan kendaraan bermotor, sebaiknya mulai sekarang Anda menggantinya dengan sepeda. Pasalnya, bersepeda bisa membantu Anda menyempurnakan proses diet yang Anda lakukan. Hal ini dikarenakan, bersepeda bisa membakar kalori lebih banyak dan tentu saja menyenangkan.