Terbit: 9 Mei 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Terdapat dua jenis karbohidrat yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Anda mungkin pernah mendengar bahwa karbohidrat kompleks lebih baik daripada karbohidrat sederhana. Nah, untuk lebih jelasnya ketahui apa saja sumber karbohidrat, contoh makanan karbohidrat, dll.

Karbohidrat Kompleks: Manfaat, Sumber Makanan, dll

Apa itu Karbohidrat Kompleks?

Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang terdiri dari molekul gula dalam rangkaian dan rantai yang kompleks dan panjang. Secara alami tubuh akan mengubah gula menjadi glukosa, lalu dijadikan sumber energi. Karena karbohidrat kompleks memiliki rantai yang kompleks, maka tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memecahnya menjadi energi, sehingga energi yang dihasilkan dapat bertahan lebih lama di tubuh Anda.

Karbohidrat sangat dibutuhkan tubuh Anda sebagai sumber energi. Karbohidrat kompleks adalah sumber vitamin, serat, dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Anda dapat menemukan sumber karbohidrat kompleks di kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran.

Perbedaan Karbohidrat Sederhana dan Karbohidrat Kompleks

Anda mungkin ingin mengetahui apa perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Keduanya adalah jenis karbohidrat yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Cara kerja kedua karbohidrat ini juga hampir sama, yaitu mengubah glukosa atau gula darah menjadi energi untuk Anda gunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana adalah pada rantai molekul gula. Karbohidrat sederhana memiliki rantai molekul gula yang lebih sederhana, sehingga energi yang disediakan hanya dalam jangka pendek untuk tubuh. Sementara karbohidrat dengan molekul yang kompleks menghasilkan energi yang lebih banyak untuk tubuh Anda.

Beberapa jenis makanan mengandung karbohidrat sederhana tanpa nilai nutrisi seperti coklat, soda, dan minuman dengan perisa manis. Jenis makanan tersebut tidak mengubah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan namun hanya menimbun gula darah. Walaupun karbohidrat sederhana juga dapat ditemukan di makanan sehat seperti susu dan buah.

Karbohidrat kompleks adalah sumber energi yang lebih baik daripada karbohidrat sederhana, namun belum tentu lebih menyehatkan. Beberapa jenis makanan dengan sumber karbohidrat sederhana juga lebih menyehatkan daripada karbohidrat komplek, jadi Anda tidak dapat menyimpulkan jenis karbohidrat mana yang sebaiknya Anda konsumsi.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memilih serta menghitung semua kandungan nutrisi dari makanan yang Anda makan daripada hanya memilih satu jenis karbohidrat saja, karena kedua jenis karbohidrat tersebut juga dibutuhkan tubuh.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 5 Makanan Ini Mengandung Karbohidrat yang Baik Untuk Diet

Manfaat Karbohidrat Kompleks

Apa saja manfaat karbohidrat untuk tubuh? Ketahui lebih detail tentang manfaat karbohidrat bagi tubuh, berikut ini:

  • Energi: Menghasilkan energi untuk aktivitas Anda sehari-hari.
  • Sistem Pencernaan: Mengandung serat untuk membantu pencernaan jadi lancar.
  • Sistem Metabolisme: Berguna untuk melancarkan sistem metabolisme Anda.
  • Kesehatan Otak: Otak juga membutuhkan karbohidrat jenis untuk fungsi otak yang optimal.
  • Fungsi Sistem Saraf: Memberikan efek enzimatik dan meningkatkan fungsi sistem saraf.
  • Kandungan Serat: Mengandung serat yang cukup sehingga Anda dapat merasakan kenyang lebih lama. Serat juga baik untuk mengontrol kolesterol.

Karbohidrat jenis ini adalah esensial yang sangat Anda butuhkan bagi tubuh. Bila Anda tidak mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup, Anda tidak akan memiliki cukup energi dan tubuh jadi lemas serta tak bersemangat.

Baca Juga: 8 Manfaat Karbohidrat, Bisa Memperbaiki Mood?

Sumber Makanan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat jenis ini mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan nutrisi karena itu sering dijadikan pilihan terbaik untuk diet. Berikut ini adalah sumber makanan karbohidrat, yaitu:

1. Whole Grain

Whole grain adalah biji-bijian utuh seperti quinoa, buckwheat, gandum utuh, beras merah, beras hitam, oatmeal, sorgum, barley, dll. Fiber mengandung potasium, magnesium, dan selenium.

2. Buah-Buahan Berserat

Karbohidrat jenis ini dapat ditemukan di buah-buahan yang kaya sumber serat seperti apel, beri-berian, pir, alpukat, jeruk, pisang, stroberi, ubi, dll. Mengkonsumsi buah-buahan tersebut sangat dianjurkan setiap hari. Jangan makan buah-buahan kaleng karena umumnya sudah ditambahkan perasa dan pemanis buatan.

3. Sayuran Berserat

Anda dianjurkan untuk makan lebih banyak sayuran berserat seperti brokoli, wortel, jagung manis, kacang polong, kentang dengan kulitnya, tomat, okra, prem, asparagus, timun, bayam, zukini, dll.

Baca Juga: 7 Buah yang Ternyata Banyak Mengandung Karbohidrat

4. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Karbohidrat kompleks juga disebut sebagai karbohidrat baik karena kandungan karbohidratnya yang tinggi tapi rendah gula. Anda dapat menemukan sumber karbohidrat dalam kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang merah, buncis, kacang polong, kacang kedelai, kacang pinto, susu kedelai, dll.

Contoh sumber karbohidrat baik lainnya, yaitu:

  • Yogurt rendah lemak
  • Susu skim
  • Pasta gandum

Itulah sumber makanan karbohidrat kompleks bagi Anda. Karbohidrat baik memang menghasilkan energi lebih lama bagi tubuh Anda, namun bukan berarti Anda mengabaikan asupan karbohidrat sederhana, ya. Tetap penuhi kebutuhan gizi dan nutrisi Anda secara lengkap dari berbagai jenis makanan, buah, dan sayuran sehat.

 

  1. Bell, Becky MS, RD. 2016. Carbohydrate facts: Simple = bad, complex = good?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318615.php. (Diakses pada 9 Oktober 2019).
  2. Cherney, Kristeen . 2018. Simple Carbohydrates vs. Complex Carbohydrates. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/simple-carbohydrates-complex-carbohydrates. (Diakses pada 9 Oktober 2019).
  3. Heather McClees. 2017. 7 Benefits of Complex Carbs and the Best Ones to Eat. https://www.onegreenplanet.org/vegan-food/benefits-of-complex-carbs-and-the-best-ones-to-eat/. (Diakses pada 9 Oktober 2019).
  4. Kandola, Aaron. 2019. What to know about simple and complex carbs. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325171.php. (Diakses pada 9 Oktober 2019).
  5. MedLine Plus. 2018. Complex carbohydrates. https://medlineplus.gov/ency/imagepages/19529.htm. (Diakses pada 9 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi