Terbit: 29 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Minum susu merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Banyak orang tua memberikan susu pada anaknya saat pagi hari, namun banyak juga yang membuatkan susu untuk anaknya pada saat malam hari. Benarkah ada perbedaan antara minum susu di pagi hari dan malam hari?

Kapan Waktu Terbaik Bagi Anak Untuk Minum Susu?

Jika anak minum susu di pagi hari

Susu adalah minuman yang yang mengandung kalium, kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D dan gizi lainnya. Bagi anak-anak yang minum susu di pagi hari, hal ini dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya sebelum berakivitas.

Minum susu di pagi hari dapat membantu menjaga pola makan anak. Susu mengandung protein yang bertugas untuk menguatkan tulang, otot dan kekebalan anak. Selain itu protein dalam susu juga mambantu perut terasa kenyang lebih lama sehingga anak tidak mudah lapar hingga saatnya makan siang.

Minum susu di pagi hari juga dapat membantu aktivitas saraf dan otak anak sehingga ia lebih mudah menyerap segala informasi yang diterima. Karena itu banyak ibu yang memberi susu bagi anaknya di saat sarapan sebelum si kecil berangkat sekolah.

Jika anak minum susu di malam hari

Nah, minum susu di malam hari juga memiliki banyak manfaat bagi anak. Terutama bagi anak yang sering mengalami susah tidur. Ya, minum susu sebelum tidur dapat membantu anak untuk tidur lebih nyenyak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Selain itu, minum susu sebelum tidur juga baik bagi pertumbuhan anak. Ketika si kecil tidur, tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan sehingga kalsium dari susu dapat digunakan secara maksimal untuk pertumbuhan.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk minum susu?

Sebenarnya tidak ada aturan yang mengikat mengenai kapan waktu yang tepat untuk minum susu. Anda bisa memberikannya di saat pagi hari maupun malam hari. Yang perlu diperhatikan adalah kelengkapan gizi yang diterima anak tetap harus seimbang. Ketika memberikan susu di pagi hari sebaiknya setelah sarapan agar sarapan anak lebih optimal dan anak tidak kenyang duluan karena susu.

Sedangkan bagi ibu yang lebih suka memberikan susu di malan hari, Anda juga perlu memerhatikan asupan gizi pada anak. Jika anak sudah cukup asupan kalsium dan kalium, sebaiknya hindari memberikan susu di malam hari karena dapat memicu gangguan tidur pada anak karena kelebihan nutrisi.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi