Terbit: 16 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Makanan khas Lebaran seperti opor ayam atau rendang daging biasanya dimasak dalam jumlah yang sangat banyak sehingga kita bisa mengonsumsinya hingga beberapa hari. Yang menjadi masalah adalah, makanan-makanan ini cenderung lebih cepat basi sehingga sering dihangatkan hingga berulang kali. Sebenarnya, hingga berapa lama makanan lebaran bisa tetap aman untuk dikonsumsi?

Kapan Makanan Lebaran Basi?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sebenarnya makanan Lebaran bisa bertahan hingga tiga hari asalkan disimpan di dalam kulkas. Hanya saja, kita juga sebaiknya tidak sering-sering menghangatkan makanan tersebut hingga berulang kali. Selain itu, ada baiknya kita tidak menyimpan dan menghangatkan sayuran hingga lebih dari satu hari karena dikhawatirkan bisa membuat kita mengonsumsi makanan yang sudah tidak lagi berkualitas.

Alih-alih mengonsumsi makanan Lebaran dengan berlebihan, pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk memasaknya dengan porsi yang wajar. Sebagai contoh, kita memasaknya hanya untuk satu atau dua hari saja sehingga kita pun tak perlu berulang kali menghangatkannya. Selain itu, dengan tidak mengonsumsi makanan khas Lebaran dengan berlebihan, maka kita pun tidak mengonsumsi lemak dan kolesterol terlalu banyak.

Pastikan untuk menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang meskipun kita sedang merayakan Lebaran. Sebagai contoh, jangan lupakan asupan sayuran, buah-buahan, dan air putih dengan cukup. Jangan berlebihan dalam mengonsumsi minuman manis seperti sirup, teh manis, atau minuman bersoda yang banyak disediakan saat Hari Raya Lebaran demi menjaga kesehatan tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi