Kapan Gigi Susu Anak Tanggal?

doktersehat-kesehatan-gigi-berlubang-karang

DokterSehat.Com– Tanggalnya gigi susu merupakan hal yang pasti dialami oleh anak-anak. Setelah gigi susu tanggal, akan berganti menjadi gigi permanen hingga usia dewasa. Lalu, kapan gigi susu anak mulai tanggal?

Kapan gigi susu anak mulai tanggal?

Istilah gigi susu merujuk pada gigi yang tumbuh pada anak pertama kali ketika mereka masih kecil. Gigi susu berjumlah 20 buah, yaitu 10 gigi pada rahang atas dan 10 gigi pada rahang bawah.

Setelah semakin dewasa, gigi susu akan tanggal dan ganti jadi gigi permanen. Rangkaian gigi susu yang akan tanggal antara lain gigi susu seri, gigi taring, hingga gigi geraham. Sebanyak total 20 gigi dewasa akan tumbuh untuk menggantikan 12 gigi susu, sementara gigi lainnya akan tumbuh bertahap. Ketika dewasa, gigi anak akan berjumlah 32 buah.

Dilansir dari New Kids Center, Gigi yang pertama kali tanggal adalah gigi susu seri yang ada di rahang atas dan bawah, dan umumnya terjadi pada anak usia 6-7 tahun. Setelah gigi susu seri tanggal, umumnya akan disusul dengan gigi susu taring yang akan tanggal pada usia 7-8 tahun. Terakhir, yang tanggal adalah gigi susu geraham yang tanggal ketika anak berusia 9-12 tahun.

Sama halnya dengan usia tumbuh gigi yang berbeda-beda pada masing-masing anak, demikian juga dengan tanggalnya gigi pada anak dapat terjadi pada waktu yang berbeda-beda, sesuai dengan tumbuh kembang anak.

Bagaimana menghadapi gigi susu yang tanggal?

Saat gigi tanggal, anak mungkin akan mengalami rasa yang tidak nyaman seperti nyeri atau gigi goyang. Ketika mengalaminya, sebaiknya bawa segera anak ke dokter gigi untuk mengalami porses pencabutan gigi dengan benar. Pencabutan gigi yang salah dapat berisiko infeksi. Anak Anda mungkin akan mengalami pendarahan, namun ingatkan bahwa pendarahan adalah hal yang wajar dan akan segera hilang sehingga ia tidak perlu takut.